Close

Sering Terjadi Kebakaran Kilang, Andre Rosiade: Komisi VI akan Panggil Pertamina

Andre Rosiade, Anggota Komisi VI DPR.

ADINEGORO, METRO–Tangki kilang Pertamina kem­bali terbakar, kali ini kejadian­nya terjadi di Cilacap. Ang­gota Komisi VI DPR menyata­kan pihaknya segera me­manggil Pertamina untuk membahas kejadian kebakaran ki­lang beru­lang ­ini.

Dalam catatan Andre, kebakaran tangki ini merupakan kali ketiga di tahun 2021. Yang pertama terjadi di tangki Balongan pada bulan Maret. Tiga bulan kemudian terjadi kebakaran di Cilacap. Lalu pada 13 November semalam, terjadi kebakaran lagi di Cilacap.

“Ini yang ketiga. Dan beberapa bulan lalu kami sudah memanggil Pertamina, pihak kilang yang dihadiri oleh pihak Balongan dan Cilacap. Alasan mereka waktu itu adanya sambaran petir,” ujar Andre kepada wartawan, Minggu (14/11).

Bareskrim, lanjut Andre, juga kala itu melakukan investigasi. Kesimpulan Bareskrim menyebutkan, ada faktor alam yang menjadi penyebab kebakaran.

“Dalam rapat beberapa bulan lalu kami sudah sampaikan mengenai perlunya evaluasi menyeluruh di tang­ki Pertamina. Kalau memang ada ancaman dari petir yang menyebabkan ledakan di tangki, kami su­dah meminta tiga hal hal dalam rapat itu,” ujar Andre.

Pertama, Pertamina diminta untuk memasang penangkal petir yang lebih besar dan lebih baik kualitasnya sehingga apabila ada sambaran besar lagi di kemudian hari, bisa diantisipasi. Kedua, Pertamina diminta untuk menyiapkan alat pemadam kebakaran yang lebih memadai.

“Jadi jangan seperti yang terjadi di Cilacap dan Balongan yang harus mendatangkan pemadam dari kilang lain,” ujar Andre.

Ketiga, Komisi VI telah meminta Pertamina untuk mengevaluasi menyeluruh mengenai kualitas tangki dan juga ke sisi sumber daya manusia.

“Tiga permintaan itu telah kami sampaikan ke jajaran Pertamina dalam rapat dengan Komisi VI,” lanjut Andre.

Melihat kondisi saat ini, sambung Andre, Pertamina harus melakukan langkah cepat. Jika hasil kesimpulan menyatakan kejadian serupa bisa terjadi lagi, segera lakukan penguatan penangkal petir dan alat pemadam kebakaran di kilang.

“Kalau memang hasil evaluasi menyatakan seperti itu, bikin aja pengadaan cepat untuk penangkal petir dan pemadam kebakaran itu. Jangan sampai persoalan ini menganggu pasokan BBM kita,” tutur Andre.

Andre telah menyampaikan usulan agar Komisi VI segera memanggil Pertamina dan juga pihak kilang berkaitan dengan kebakaran yang terjadi semalam di Cilacap. “Saya usulkan untuk segera panggil Pertaima dan pihak kilang untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Dan ini akan dilakukan segera. Apalagi ini persoalan berulang,” ujar Andre. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top