Close

Serapan Anggaran Rp.1,2 miliar Pelatihan Pelaku Wisata, tergantung Kebutuhan

PESSEL, METRO–Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, melalui Bidang Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dalam peningkatan kapasitas, melalui pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, menggelontorkan anggaran kurang lebih Rp.1,2 miliar.” Serapan anggaran tergantung kebutuhan. Saya belum dapat rincian pastinya tentang serapan anggaran. Tapi hingga saat ini kita udah melatih 80 orang pelaku wisata dari berbagai profesi yang terhimpun dalam pokdarwis, ” tegas Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wildan.

Dikatakan Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sekarang ini ada kurang lebih 26 Pokdarwis, dari anggaran Rp.1,2 miliar telah dilaksanakan kegiatan selama 3 kali. Tergantung menu pelatihan itu sendiri, kita mendatangkan pelaku wisata, praktisi, akademisi bahkan OPD, baik dari dalam maupun luar kabupaten.

Secara pasti berapa jumlah pelaku wisata, Wildan belum bisa menghitung secara pasti, soalnya semua yang ada di kawasan wisata adala pelaku wisata. Sekali lagi, sekarang ini ada 26 Pokdarwis. Dan, hingga akhir semester I ini sudah dilaksanakan 3 pelatihan, ” pada Pos Metro. Selasa (26/7/2022).

Lebih lanjut nya, selama pelatihan, pelaku wisata akan mendapatkan ilmu pengetahuan.

Dirinya berharap melalui melalui pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, juga bakal dapat merubah cara pandang pelaku wisata untuk lebih kreatif dalam memajukan pariwisata di tempat masing-masing.

Para pelaku wisata diharapkan mampu menyerap ilmu positif dalam setiap pelatihan yang diberikan dan mereka dapat menularkan pengetahuan serta berinovasi untuk membawa perubahan yang lebih baik.

“Dan tentunya juga menjadi pemantik untuk peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar wisata,” tekuknya. ( Rio).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top