Menu

September, Warga Nikmati Listrik dari Panas Bumi, Supreme Energy Siapkan 20 MV untuk Solsel

  Dibaca : 133 kali
September, Warga Nikmati Listrik dari Panas Bumi, Supreme Energy Siapkan 20 MV untuk Solsel
SERAHKAN BANTUAN— PT Supreme Energy Muaro Labuah (SEML) menyerahkan bantuan senilai Rp3,5 juta kepada pengurus Masjid Istiqomah Balun, Koto Parik Gadang Diateh Selasa (16/5). (afriadi nursal/posmetro )

SOLSEL, METRO – PT Supreme Energy Muaro Labuah (SEML) yang bergerak di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) hadir di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) untuk mengatasi krisis listrik di daerah itu.

“Semoga dengan kehadiran Supreme Energy mampu mengatasi krisis listrik yang terjadi. Dimana selama ini sering terjadi mati listrik di saat cuaca tidak bagus,” ujar Field Representative Manager PT SEML, Bujang Joan Datuak Panyalai, saat mengunjungi Masjid Istiqomah Balun, Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Selasa (16/5).

Selama ini menurutnya, untuk kebutuhan listrik di Solsel masih disuplai dari Gardu Induk (GI) Solok. Direncanakan pada September depan, listrik yang bersumber dari panas bumi ini sudah bisa dinikmati. “Untuk menikmatinya, telah dibangun GI Muaro Labuah dan dari GI ini disalurkan ke pelanggan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, Kabupaten Solsel memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk menambah energi panas bumi yang dihasilkan. Saat ini Solsel membutuhkan listrik sebanyak 6 sampai 8 Mega Watt (MW), Supreme Energy menyiapkan untuk Solsel sebanyak 20 MW.

Ia menyebutkan, dari total 80 MW produksi, yang pakai untuk GI Muaro Labuah hanya 20 MW, maka sisanya dibawa ke Dharmasraya san disalurkan melalui GI Sungai Rumbai. “Saat ini telah terpasang 303 tiang tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) berkapasitas 150 kilovolt (kV) untuk mengalirkan listrik Supreme Energy Muaralabuh ke sistem Sumatera,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, setelah beroperasi nantinya, diharapkan tidak ada lagi mati listrik di Solsel, dan masyarakat dapat menikmatinya. Proses kedepannya bukan hanya satu pembangkit, direncanakan akan ada lagi pengeboran dan akan ada lagi satu pembangkit sehingga kebutuhan listrik bisa terus diatasi.

Pada Tim Safari Ramadhan itu, Supreme Energy menyerahkan bantuan sebanyak Rp 3,5 juta di Masjid Istiqomah Balun. Turut hadir puluhan karyawan PT SEML pada kegiatan Ramadhan itu. Kunjungan ke Masjid Istiqomah Balun ini merupakan kunjungan ke-100 sejak perusahaan panas bumi ini ada di Solsel. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional