Menu

Sepekan, 16 Pelaku Pencurian Diciduk, 98 Unit Motor Hasil Curian bisa Diambil Pemiliknya di Kota Padang

  Dibaca : 572 kali
Sepekan, 16 Pelaku Pencurian Diciduk, 98 Unit Motor Hasil Curian bisa Diambil Pemiliknya di Kota Padang
PERLIHATKAN BARANG BUKTI— Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir didampingi Kasat Reskrim Kompol Rico Fernanda memperlihatkan barang bukti yang didapat dari hasil tangkapan Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang sejak tanggal 7 Juni hingga 13 Juni, dalam kegiatan press relis, Rabu (16/6) di Mapolresta.

M YAMIN, METRO–Sebanyak 16 pelaku kejahatan pencurian dan premanisme di Kota Padang berhasil ditangkap aparat Polresta Padang dalam satu pekan terakhir. Rabu (16/6), para pelaku kejahatan bersama barang bukti dihadirkan di Mapolresta Padang.

Press relis yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir didampingi Kasat Reskrim Kompol Rico Fernanda tersebut memaparkan hasil tangkapan yang dilakukan tim Klewang Satreskrim Polresta Padang sejak tanggal 7 Juni hingga 13 Juni.

“Adapun tindak pidana yang kami release hari ini terdiri dari 10 kasus pencurian baik pencurian kendaraan sepeda motor (curanmor), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat),” ujar Kombes Pol Imran.

Selain para pelaku tindak pidana, Tim Klewang juga berhasil mengamankan barang bukti dari hasil kejahatan para pelaku. Barang bukti yang diamankan berupa sepeda motor, HP, laptop, dan senjata tajam (sajam). Dengan total kerugian yang dialami para korban mencapai Rp100 juta.

“Keseluruhan pelaku yang kami hadirkan rata-rata merupakan residivis kambuhan yang telah lebih dari satu kali melakukan aksinya. Bahkan beberapa diantaranya diberikan tindakan tegas dan terukur berupa tembakan di bagian kaki sebagai efek jera bagi pelaku yang dinilai meresahkan masyarakat,” sebut Imran.

Dipaparkan Imran, 16 pelaku tersebut terdiri dari 10 kasus yang telah diungkap oleh Tim Klewang dan telah masuk ke dalam tahap penyidikan. 14 orang merupakan pelaku utama, dan dua orang merupakan dua penadah.

“Modus para pelaku ini diantaranya yaitu mengambil motor yang tertinggal oleh korban, ada yang merusak pintu atau jendela rumah, dan ada yang menggunakan kunci letter T,” ungkapnya.

Dari 16 tersangka ini, masih ada sekitar 50 tempat kejadian perkara (TKP) lagi dalam pengembangan dan pencarian oleh penyidik berdasarkan pengakuan dari pelaku yang telah beraksi lebih dari satu kali.

“Untuk laporan polisi, masih 10 lagi  yang ditemukan dan untuk 50 perkara lainnya sesuai dengan pengakuan tersangka  masih dilakukan pencarian,” ungkapnya.

Selain itu Imran juga menjelaskan, masih terdapat 98 unit sepeda motor yang merupakan barang bukti kejahatan yang masih menunggu pemiliknya untuk datang mengambil sepeda motor tersebut ke Polresta Padang.

“Sebanyak 98 kendaraan tersebut juga telah kita data dan kita masukkan ke aplikasi E-Barbuk yang dibuat Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Hermanto. Jika didata tersebut diketahui pemiliknya, maka pemiliknya didatangi untuk memberitahukan bahwa sepeda motor mereka yang dicuri telah ditemukan kembali,” katanya.

Imran mengakui, sejak dibentuknya Tim Klewang, di Kota Padang telah terjadinya penurunan angka kriminalitas di Padang bahkan mencapai 90 persen perbulannya dibandingkan dengan sebelum adanya Tim Klewang tersebut.

“Biasanya, dalam satu bulan tersebut bisa mencapai 100 laporan tindak kejahatan yang masuk ke Polresta Padang, sejak adanya Tim Klewang laporan tersebut mengalami penurunan bahkan dalam satu minggu bisa tidak ada laporan tindak kejahatan,” sebutnya.

Diungkapkan Imran, kegiatan tersebut merupakan instruksi langsung dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rangka penanggulangan tindak pidana kejahatan dan premanisme.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada warga kota Padang untuk selalu melaporkan hal-hal berbau kejahatan melalui hotline Tim Klewang yang telah sediakan. Selain itu, hindari penggunaan HP dijalan, serta gunakan kunci ganda pada sepeda motor anda,” pungkasnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional