Close

Semua Kinerja Pejabat Dilantik Dievaluasi di Padangpariaman

PELANTIKAN—Bupati Padangapriaman Suhatri saksikan tandatangan pejabat baru dilantik.

PDG.PARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, melantik para pejabat di lingkungannya. “Saya me­ngucapkan selamat atas pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat admi­nstrator sebanyak 62 orang dan pejabat pengawas sebanyak 55 orang kali ini,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, pejabat yang dilantik ini menduduki jabatan yang tidak disetarakan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Penda­yagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 17 tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional, yang bertujuan untuk memangkas birokrasi agar bisa berge­rak lebih maksimal dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Dikatakan, pelaksanaan mutasi, rotasi dan promosi serta demosi ini adalah tuntutan dalam pembinaan pegawai. Disamping juga merupakan hal yang lumrah dan biasa dialami oleh seorang aparatur Peme­rintah, dalam memahami sesuatu pekerjaan dan latihan untuk mampu bera­daptasi dengan lingkungan yang baru. “Proses mutasi, rotasi, promosi dan de­mosi ini, telah dilandasi dengan pertimbangan yang objektif. Serta evaluasi, koreksi dan review atas kinerja yang telah saudara-saudara lakukan, de­ngan melakukan pendekatan yang berorientasi pada capaian suatu tujuan,” ujar­nya.

Sebagai aparatur sipil negara dan pegawai negeri katanya, tidak ada keharusan seseorang ASN itu harus menjadi pejabat atau bertugas pada tempat tertentu. “Karena ketika pertama dilantik sebagai ASN, kita sudah menyatakan untuk siap ditempatkan dimana saja dan akan setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945. Serta harus mendahulukan kepenti­ngan negara dan dinas diatas kepentingan pribadi dan golongan,” ujarnya.

Suhatri Bur mengajak semua melakukan introspeksi diri, apakah semua yang diikrarkan saat pe­ngambilan sumpah menjadi PNS, sudah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. “Kalaupun sudah, kami yakin hal itu belum dilaksanakan secara maksimal. Artinya, sebagai abdi ne­gara dan abdi masyarakat, kita wajib memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Apalagi katanya,  tugas utama seorang ASN atau pegawai negeri itu adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Baik itu pelayanan administrasi pemerintahan maupun pelayanan dalam bentuk pem­bangunan dan pemberdayaan.

Seiring dengan suasana awal tahun 2022, kami berharap kepada seluruh pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya pada hari ini. Untuk mengawali tugas di tempat yang baru, dengan niat yang tulus dengan semangat baru dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyara­kat.  “Karena dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing jabatan yang saudara emban, harus mengacu kepada rencana pembangunan Jangka Menengah yang sudah kita sepakati bersama dan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah yang harus kita laksanakan,” ujarnya.

Semua itu katanya, ti­dak mungkin bisa terwujud, tanpa adanya keseriusan dan komitmen dari kita semua untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Sebagai tindak lanjut dari pelantikan ini katanya, tentunya akan terus dilakukan evaluasi terhadap kinerja masing masing. “Buatlah inovasi dalam mengefisienkan dan mengefektifkan pekerjaan, serta selalu berkreasi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan program masing-masing,” ungkapnya me­ng­akhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top