Close

Sempat Viral di Medsos Buang Sampah Sembarangan, Satpol PP Tegur Pedagang

BUANG SAMPAH— Aksi tidak terpuji yang dilakukan salah seorang oknum karyawan pedagang makanan yang membuang sampah di saluran aliran irigasi.

AGAM, METRO–Dunia maya di Kabupaten Agam dihebohkan dengan aksi tidak terpuji yang dilakukan salah satu pedagang makanan yang berlokasi di Cubadak Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam, Selasa (10/5). Aksi tidak terpuji itu terlihat pada video akun Facebook Pakrol Bambo dengan durasi selama 1.45 menit yang memperlihatkan salah seorang pedagang makanan membuang sampah makanannya di aliran irigasi.

Tindakan yang tak terpunji diduga selama ini bisa mengundang banjir di kawasan Bundaran Tugu Simpangan 3 Lubuk Basung.  Kasat Pol PP dan Damkar Dandi Pribadi melalui Kasi Penegakan Perda Ali Akbar Rabu (11/5) membenarkan, bahwa ia telah mendapatkan laporan dari warga tentang video pedagang makanan yang membuang sampah di aliran irigasi tersebut.

“Mendapat laporan tersebut kita langsung mengecek kebenarannya. Ternyata setelah kita lakukan pengecekan di video salah satu warga itu memang terlihat jelas perbuatan tidak terpuji itu dilakukan salah satu pegawai pedagang itu,yang membuang sampah dagangannya ke bandar saluran irigasi tersebut,” jelas Ali.

Menindaklanjuti laporan kejadian yang tidak terpuji tersebut itu petugas lansung bersama anggota terjun ke lapangan untuk melakukan tindakan persuasif atas perbuatan yang dilakukan salah seorang karyawannya.

Setelah dilakukan pengecekan serta klarifikasi di lapangan ternyata pihak owner dari pemilik makanan itu tidak mengetahui bahwa aksi yang dilakukan karyawannya itu sempat viral di medsos.

Dan menurut pengakuan owner saat didatangi ia sudah mewanti-wanti karyawanya agar tidak membuang sampah dagangannya sembarangan ke aliran irigasi tersebut, karena hal ini bisa memicu bencana seperti banjir. Namun, aksi karyawanya itu tidak ia ketahui sama sekali.

Namun pihaknya lanjut Ali akan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi.Namun pihak kita dengan tegas memintak owner tersebut membuat pernyataan secara tertulis agar perbuatan itu tidak diulangi lagi

“Setelah kita buat surat pernyataan dan ditandatangani, kalau terjadi kembali kita akan tindak tegas, karena hal ini sudah menyalahi aturan atau kesepakatan yang telah dibuat,” kata Ali.

Di samping itu bisa kita bayangkan kalau sampah ini secara terus menerus dibuang di aliran irigasi ini,tentu Akan mengundang kebanjiran di pusat kota. “Bisa kita lihat selama ini seketika hujan lebat yang melanda kawan jantung kota terus terjadi banjir. Untuk itu kita berharap kepada masyarakat agar selalu pro aktif dalam menyikapi hal tersebut,” kata Ali.

Satpol PP meminta, tambah Ali, masyarakat bisa mengawal kejadian yang seperti ini. Agar bisa menindak masyarakat atau pedagang yang membuang sampah sembarang kalau sampah bertaburan di mana-mana tentu lingkungan akan tercemar dan akan mengundang bermacam penyakit nantinya. ”Jadi mari kita sama-sama peduli atas kebersihan lingkungan kita agar jantung ibu kota terbebas dari Banjir dan indah dipandang mata,” kata Ali.

Di sisi lain Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Agam Arif Restu menyayangkan,  perbuatan yang dilakukan salah satu pedagang makanan itu.

Sebab kalau perbuatan membuang sampah sembarangan akan memperburuk keindahan jantung kota. Apalagi kalau sering terjadi hujan tentu akan mengundang banjir

“Ketika banjir melanda tentu akan merusak fasilitas umum dan lainya. Untuk itu kami mengimbau kepada pedagang dan masyarakat sekitar buanglah sampah di tempat yang telah kami sediakan agar lingkungan kita ini bersih dan asri,” ucap Arif. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top