Close

Sempat Terlihat Berenang lalu Menghilang, Pria 41 Tahun Tewas Tenggelam di Danau Singkarak

TEWAS TENGGELAM— Korban Diswanto (41) ditemukan petugas gabungan dibantu masyarakat, dalam kondisi meninggal dunia di dasar Danau Singkarak.

SOLOK, METRO–Sempat terlihat mandi dan berenang, seorang pria di Korong Biteh, Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok dilaporkan hilang tenggelam, Jumat pagi (19/9) sekitar pukul pukul 08.00 WIB. Peristiwa itu sontak menghebohkan warga setempat.

Warga pun beramai-ramai datang untuk mela­kukan pencarian terhadap pria bernama Diswanto (41) untuk mencari korban. Tak lama berselang, petugas gabungan pun juga tiba di lokasi dengan menge­rah­kan perahu karet milik BPBD Kabupaten Solok.

Terlihat petugas mela­kukan penyisiran dari titik korban dilaporkan hilang hingga diperluas ke tengah danau. Beberapa jam mela­kukan pencarian, korban pun berhasil ditemukan di dasar danau dengan kon­disi tak bernyawa. Petugas selanjutnya mengevakuasi jasad korban ke Puskes­mas terdekat.

Dari informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, korban pagi itu terlihat oleh warga sekitar hendak man­di di tepi Danau Singkarak. Namun Setelah itu, korban pun terjun ke dalam danau dan berenang ke arah te­ngah. Warga sekitar hanya menganggap tidak ada yang aneh karena korban hanya mandi.

Akan tetapi, beberapa menit kemudian, warga tidak lagi melihat korban muncul ke permukaan.  Karena korban tidak kun­jung tampak, warga pun mulai khawatir dan mulai berdatangan ke lokasi ka­rena korban diduga teng­gelam. Dugaan itu diper­kuat karena peralatan man­­di korban masih be­rada di pinggir danau.

Peristiwa tengge­lam­nya warga di danau Sing­karak langsung dilaporkan warga ke personel Ma­polsek Singkarak. Untuk men­cari korban, sejumlah petugas dari berbagai un­sur­pun turun bersama ma­syarakat. Pencarian kor­ban dilokasi dimana diduga korban tenggelam disisir oleh petugas dengan me­ng­gu­nakan perahu ka­ret milik BPBD.

Setelah menyisir lokasi kejadian serta sejumlah petugas melakukan pen­carian dengan menyelam, akhirnya jasad korban dite­mu­kan mengambang di se­kitar lokasi pencarian. Jasad korban langsung dievakuasi pe­tugas ke pus­kemas ter­de­kat untuk ke­perluan visum.

Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Irawan melalui Kasat Reskrim AKP Evi Wansri membenarkan ada­nya kejadian tengge­lamnya warga di perairan danau Singkarak. Jasad korban lanjutnya telah berhasil ditemukan dan telah dievakuasi petugas bersama masyarakat.

“Untuk kepentingan penyelidikan, petugas te­lah memintai keterangan se­jumlah saksi. Menurut sak­si, korban awalnya man­di di tepi danau, dan ti­ba-tiba menghilang. Sete­lah jasad korban dieva­kua­si ke Puskesmas, selanjut­nya jasad diserahkan ke pihak keluarganya untuk dikebumikan,” pungkas­nya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top