Menu

Sempat Lumpuh, Telkomsel Kini Pulih 100 Persen

  Dibaca : 164 kali
Sempat Lumpuh, Telkomsel Kini Pulih 100 Persen
Ilustrasi

PADANG, METRO
Sempat hilangnya jaringan internet dan Telkomsel beberapa jam, Selasa (11/8) membuat para pelanggan setia Telkomsel linglung. Sebab aktivitas yang berhubungan dengan internet dan layanan komunikasi lumpuh total.

Kini, layanan komunikasi di wilayah Sumatera kembali pulih dan mulai dapat diakses secara normal, Rabu (12/8). Layanan Telkomsel sempat lumpuh total semenjak Senin (11/8) sekitar pukul 14.30 WIB akibat kebakaran gedung HPBB (High Performace Back Bone) PT Telkom di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Kebakaran gedung HPBB di kompleks Plasa Telkom Pekanbaru mengakibatkan seluruh jaringan Telkom Group, termasuk Telkomsel, lumpuh mulai dari layanan telepon, paket data, SMS hingga internet.

Gangguan jaringan dirasakan oleh pelanggan di wilayah Sumatera bagian utara dan tengah. Di antaranya di Kepulauan Riau (Kepri), Sumbar, Aceh dan Sumatera Utara.

“Sehubungan dengan sempat terjadinya penurunan layanan komunikasi Telkomsel di wilayah Sumatera sebagai dampak kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru, dapat disampaikan perkembangan terbaru bahwa layanan komunikasi baik telepon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang sempat terdampak kini sudah berangsur pulih dan mulai dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, Rabu (12/8).

Gedung HPBB Telkom Kandatel Riau Daratan yang terbakar ini berlokasi di Jalan Hang Tuah, Pekanbaru dan diresmikan pada April 2000. Kebakaran mulai diketahui sekitar pukul 14.30 WIB dan seluruh pegawai langsung diminta untuk meninggalkan gedung. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, karena bangunan tiga lantai tersebut berisi peralatan dan peranti penting milik Telkom.

Api bisa dipadamkan sekitar dua jam setelah kejadian, namun belum bisa dipastikan penyebab pasti kebakaran. Bangunan yang terbakar berisi perangkat utama untuk layanan jaringan Telkom Group, salah satunya fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom, sehingga membuat jaringan lumpuh total.

Sejumlah pelanggan mengaku mulai bisa mengakses melalui jaringan Telkomsel sejak Selasa malam, namun sinyal masih timbul tenggelam. Denny menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi serta mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel.

Ia juga menyatakan terima kasih atas dukungan Telkom Group serta masukan dari pelanggan dalam percepatan proses pemulihan layanan yang terdampak. “Terima kasih atas dukungan Telkom Group dan pelanggan setia kami. Oleh karena itu kami bisa mempercepat proses penulihan layanan hingga 100 persen di wilayah Sumbar,” ujarnya. (heu)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional