Menu

Seminar K3 dan Penganugerahan SP Improvement Event, Semen Padang Tekan Penggunaan Sampah Plastik

  Dibaca : 191 kali
Seminar K3 dan Penganugerahan SP Improvement Event, Semen Padang Tekan Penggunaan Sampah Plastik
TERIMA HADIAH-- Dirut PT Semen Padang Yosviandri menyerahkan hadiah kepada karyawati yang sukses menebak tohoh inovasi dunia dalam acara Semina Bulan Mutu K3.

PADANG, METRO – Keberadaan sampah plastik sudah menjadi momok. Sampah plastik tidak hanya merusak lingkungan karena tidak terurai beratus tahun, namun juga mengganggu kegiatan produksi semen.

Hal itu diungkap Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang Yosviandri dalam Seminar Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan tema “Kerja Aman dan Sehat untuk Kehidupan yang Lebih Baik”,, Rabu (6/2).

Dirut menyebut, PT Semen Padang berkomitmen menekan sampah plastik di lingkungan perusahaan tersebut. Hal itu sejalan dengan kegiatan bulan K3 PT Semen Padang.

“Tahun ini kita berupaya mewujudkan masyarakat Indonesia berbudaya, keselamatan kerja dalam mendukung perekonomian,” sebutnya dalam Seminar K3 dan Penganugerahan Semen Padang Improvement Event, di Gedung Serba Guna (GSG) Semen Padang.

Komitmen menekan sampah plastik itu, mulai terlihat dalam acara seminar, kemarin. Penyelenggara acara tidak membagikan air mineral kemasan plastik. Di ruangan acara disediakan dispenser untuk air galon, dan peserta seminar diberikan botol minuman.

”Kita ingin sampah plastik tidak berserakan di lingkungan seminar ini. Kami mendorong seluruh karyawan untuk tidak memanfaatkan plastik sebagai kebutuhan sehari-hari, karena sampah plastik memiliki sisi buruk bagi lingkungan,” kata Yosviandri.

PT Semen Padang, menurut dirut sudah memberikan imbauan dan larangan kepada karyawan Semen Padang Group untuk meminimalisir sampah plastik di lingkungan perusahaan, dengan tidak menggunakan botol-botol platik seperti air mineral dalam kemasan berbagai ukuran, dan pemanfaatan plastik lainnya untuk berbagai keperluan karyawan.

Imbauan itu juga telah dibarengi dengan pembagian botol minuman untuk karyawan Semen Padang Group yang telah dimulai pada 2018. Kemudian, pada Seminar K3 dan Penganugerahan Semen Padang Improvement Event ini, pembagian botol minuman kepada karyawan juga kembali dilakukan perusahaan.

“Hal itu kami lakukan, supaya generasi berikutnya dapat mencontoh apa yang dilakukan perusahaan. Kami pun juga berharap apa yang dilakukan perusahaan, juga diterapkan oleh seluruh karyawan Semen Padang Group di lingkungan tempat tinggalnya, minimal di lingkungan keluarga,” harapnya.

Dijelaskan, sampah plastik juga mengganggu proses berlangsungnya produksi semen, karena terbawa ke pabrik pada saat pengangkutan batu bara sebagai bahan bakar produksi semen. Sehingga sampah plastik tersebut kemudian tersangkut di peralatan produksi.

Di sisi lain, selain mengurangi penggunaan botol plastik air minum kemasan, aturan keselamatan berkendara dalam komplek PT. Semen Padang akan perbaharui, karena masih banyak orang berlalu lalang tanpa memperdulikan keselamatan berlalu lintas.

”Untuk itu, ini akan kita diterapkan, begitu juga dengan safety belt untuk pengendara roda empat juga akan diterapkan. Bagi yang tidak menggunakan safety belt maka pintu gerbang tidak akan dibuka,” jelasnya.

Ia menyebutkan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati bulan K3 nasional ini. Semua itu adalah untuk mendorong para karyawan dan anak perusahaan untuk terus mengedepankan keselamatam kerja dalam melakoni setiap aktivitas.

“Kita tidak ingin ada darah dalam kantong semen yang kita bikin. Penuhi janji dengan keluarga untuk pulang dengan selamat,” ungkapnya.

Pada seminar itu, PT Semen Padang juga mengumumkan pemenang Semen Padang Improvement Event 2018, dan pemenang lomba foto dalam rangka Bulan Mutu & K3 Nasional 2019, serta pembagian doorprize berhadiah menarik seperti dispenser, power bank, dan lain sebaginya.

Kemudian selain itu, juga dibagikan berbagai hadiah lainnya yang diantaranya, berupa sepeda. Hadiah tersebut diberikan kepada peserta seminar yang berhasil menjawab sejumlah pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh pemateri seminar K3.

Sementara itu, dr H Agus Ali Fauzi, PGD Pall mef (ECU) dalam seminarnya menyampaikan materi terkait bersyukur, kerja amam dan sehat demi masa depan. Dokter yang sempat viral karena mengisi seminar kesehatan dengan cara-cara jenaka tersbeut, mengisi Seminar Bulan Mutu & K3 Nasional 2019 PT Semen Padang.

Dengan joke atau guyonan khas, dokter berkacamata ini kerap membuat peserta seminar tersenyum dan tertawa. Dalam seminarnya, dokter Agus menyampaikan materi terkait bersyukur, kerja amam dan sehat demi masa depan. ”Kesehatan itu nomor satu, untuk mendapatkan berkah selalu bertambah kebaikan. Untuk sehat perlu banyak bersyukur, dan jangan malas,” pungkasnya. (ren)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional