Close

Seminar Go Publik, Dorong Pengusaha Daerah Mencari Alternatif Pembiayaan melalui Pasar Modal

Seminar--Go Publik Seminar dengan tema “Go Big! With Go Public.

PADANG, METRO–Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Sumatera Barat, dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumatera Barat dan didukung se­penuhnya oleh OJK Suma­tera Barat, Kadin Sumbar, Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Sumbar mengadakan Go Publik Seminar dengan tema  “Go Big! With Go Public”. Kamis (17/11).

Kegiatan dibuka Gubernur Sumatera Barat diwa­kili Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Barat.  Dalam sambutannya, gubernur menyambut positif, de­ngan acaranya ini akan mendorong para pengusaha di daerah mencari alternatif pembiayaan dari ma­syarakat melalui pasar modal, juga mendorong UMKM yang ada naik ke­las. Ini tantangan bagi kita semua, para pengusaha.

Sementara itu, Ketua Kadin Sumbar dan Ketua Japnas senada menyambut positif kegiatan ini, sedangkan Kepala OJK Sumbar menyatakan pertumbuhan positif perusahaan yang melantai di bursa saham, dan ini sebenarnya tantangan dan peluang bagi para pengusaha.

Ketua IAI Sumatera Barat, Drs. Novizar, M.Pd., Ak., CA.,QIA, dalam sambutannya mengatakan, da­lam kerangka bisnis terdapat 4 peran akuntan: (1) menyediakan informasi keuangan, (2) alat pengendali keuangan,  (3) membantu stakeholders dalam mengambil keputusan, dan (4) penghubung dengan pihak ketiga.0

Hal mendasar yang dapat kita lihat adalah bagai­mana proses akuntansi, mulai dari transaksi, pencatatan, sampai menghasilkan dan menyediakan informasi keuangan perusahaan. Iinformasi yang handal dan akuntabel dapat meningkatkan value perusahaan. Dapat digu­na­kan berbagai keperluan untuk kepentingan bisnis perusahaan.

Sebagaimana diatur da­lam undang-undang, Prinsip keterbukaan adalah pedoman umum yang mensyaratkan Emiten, Perusahaan Publik, dan Pihak lain yang tunduk pada Undang-undang untuk menginformasikan kepada masya­rakat dalam waktu yang tepat seluruh informasi material mengenai usahanya atau efeknya yang dapat berpengaruh terhadap ke­putusan pemodal terhadap efek dimaksud dan atau harga dari efek tersebut.

Proses pencatatan dan penatausahaan, sampai kepada pelaporan aktivitas keuangan perusahaan harus dilaksanakan berkesinambungan, dan selalu menjaga kepercayaan ma­syarakat. Sebagai organisasi profesi, Ikatan Akuntan Indonesia, melihat hal ini sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan dan konsisten penerapannya. Tindakannya bukan lagi inisiatif, tetapi dapat dikategorikan mandatory.

Lebih lanjut disampaikan, Ikatan Akuntan Indonesia, dalam rangka Kongres XIV dan Ulang Tahun yang ke-65, di Jakarta, tanggal 13-14 Desember 2022, akan mengadakan Seminar Internasional, dan salah satu topik yang dibahas adalah: Comprehensive Corporate Reporting to Promote Sustainable Governance and Maintain Trust.

Pembicara Goklas AR Tambunan, Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 3 Bursa Efek Indonesia, Lies Lilia Jamin, Corporate Finance PT. Pofindo Sekuritas Indonesia, Mostfly Ang, Presiden Direktur PT. Sumber Tani Agung Resources, Tbk, serta mode­rator, Prof. Dr. Niki Luviarman, SE, MBA, Ak, CA, Guru Besar Corporate Governance Universitas Andalas.

Sebagai rangkaian se­minar, setelah berakhir dan ditutupnya seminar sesi 1: Go Big! with go public, dilanjutkan dengan se­minar sesi 2: Peran Akuntan Dalam Peningkatan Modal dan Value of The Firm, dengan pembicara Dr. Fauzan Misra, SE, M.Sc, Ak, CA, BKP, Ketua Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Azizul Hakim, SE, Ak, CA, MM, CPA, Pimpinan KJA Azizul Hakim, Dr. Jeni Wardi, SE, M.Ak, CA, AICPA, Perwakilan KJA Riau, moderator Ketua IAI Wi­layah Sumatera Barat, Drs. Novizar., M.Pd., Ak., CA., QIA. (rel/hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top