Menu

Semester I Tahun 2021, KPK Terima 43 Laporan dari Warga Sumbar

  Dibaca : 102 kali
Semester I Tahun 2021, KPK Terima 43 Laporan dari Warga Sumbar
DIWAWANCARAI— Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Brigjen Pol Kumbul KS saat diwawancarai wartawan.

PADANG, METRO–Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Pol Kumbul KS menyebut selama semester I tahun 2021 laporan masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) yang masuk ke KPK sebanyak 43 laporan terkait dugaan korupsi.

Hal tersebut diungkapkannya usai membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Masyarakat Sumbar, Pe­muda, LSM, Ormas, Toga, Tomas, Todat dan Perem­puan tentang  peran serta masyarakat dalam pem­berantasan korupsi di Aula BPSDM Sumbar.

“Kalau tahun kemarin dari Sumbar ada 81 lapo­ran. Namun laporan itu kualitasnya masih jauh untuk ditindaklanjuti, dari yang susah komunikasi karena sifat laporan be­rupa surat kaleng,” kata Brigjen Pol Kumbul, Selasa (14/9).

Brigjen Pol Kumbul me­nam­bahkan, dalam men­cegah laporan ma­syarakat yang kualitasnya kurang tersebut, menjadi salah satu alasan melak­sanakan Bimtek di Sumbar.

“Bimtek ini untuk me­ningkatkan pemahaman masyarakat terkait keja­hatan korupsi, dampak dan permasalahannya. Ke­mu­dian meminta masyarakat untuk berani melawan dan melapor,” ujarnya.

Brigjen Pol Kumbul men­jelaskan, laporan ko­rupsi ke KPK itu harus jelas pelakunya, modus dan dugaan kerugiannya. Hal tersebut dilakukan KPK untuk  menghindari fitnah.

“Jadi, dalam laporan itu harus ada siapa saja yang terlibat dan bukti pen­du­kung. Bukan hanya seke­dar orang melapor,” ung­kap­nya.

Masih kata Kumbul, pelapor berkualitas itu pe­la­por yang diam. Bukan ber­koar kemana-mana usai melapor.

“Biar kami berproses, karena KPK menjaga kera­ha­siaan, masyarakat juga menjaga kerahasiaan. Itu­lah yang kita berikan pe­mahaman,” ujarnya.

Dalam setiap laporan, KPK memiliki waktu 30 hari sejak laporan diterima. “Maka pelapor harus me­nyampaikan identitas, ka­lau tidak mau minimal kita bisa komunikasi,” pung­kasnya. (br)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional