Menu

Semen Padang Raih Akreditasi A Kearsipan

  Dibaca : 984 kali
Semen Padang Raih Akreditasi A Kearsipan
BAHAGIA— Saeful Mustofa bersama keluarga kecilnya disambut bahagia oleh guru-guru sekolah dan murid usai mendapatkan hadiah satu unit rumah mewah dari Smartfren. (ist)
Kepala Arsi Nasional Republik Indonesia menyerahkan penghargaan Akreditasi Kearsipan yang diterima Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto oke

Kepala ANRI menyerahkan penghargaan Akreditasi Kearsipan yang diterima Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto.

PADANG, METRO–Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr. Mustari Irawan mengungkapkan, masih banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang tidak berani untuk dinilai kearsipan perusahaannya. Tidak hanya BUMN, namun lembaga pemerintahan pun juga belum banyak yang berani.

“Tidak semua BUMN yang berani, mungkin banyak alasan yang menyebabkan mereka belum mau dinilai. Namun, PT Semen Padang sudah memulai lebih dulu. Semen Padang berani dan mau dinilai. Dan setelah melalui proses penilaian, Semen Padang berhak menerima Akreditasi A bidang Kearsipan,” sebut Mustari Irawan, saat acara Penganugerahan Penghargaan Akreditasi Kearsipan PT Semen Padang oleh Badan Arsip Nasional RI, Kamis (27/8) di Wisma Indarung.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala ANRI, Dr. Mustari Irawan yang diterima Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto. Dalam kesempatan itu, Mustari menyebut, Semen Padang sudah sangat siap dengan arsip. Semen Padang sudah melakukan proses arsip sejak tahun 1986.

Menurutnya, Arsip Nasional sudah secara akurat dalam memberikan penilaian akreditasi kearsipan tersebut. “Penghargaan yang diberikan kepada PT Semen Padang ini, sebagai bukti atas pencapaian Semen Padang telah memberikan perhatian terhadap kearsipan. Semen Padang dapat menjadi Benchmarking bagi seluruh BUMN dalam menata dan mengelola kearsipan perusahaannya,” ungkapnya.

Mustari juga menyebut, nilai A yang diraih PT Semen Padang adalah nilai paling tinggi, dan akan bertahan selama 5 tahun. Dihara, Semen Padang harus berani bersaing dengan BUMN lain untuk menjadi yangg terbaik dalam unit kearsipan.

“Kearsipan memiliki peran yang besar dalam perusahaan, termasuk dalam mengambil kebijakan. Untuk itu ANRI akan membantu PT Semen Padang dalam mengumpulkan arsip-arsip perusahaan yang masih berada di Belanda,” lugasnya.

Direktur Keuangan PT SP Tri Hartono Rianto, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada unit Arsip PT Semen Padang yang telah melakukan pekerjaan dan improvisasi dengan baik dalam hal kearsipan. Hal ini menurutnya, telah membuat kearsipan Semen Padang dapat tumbuh dan berkembang untuk mendapatkan penilaian terbaik di Indonesia.

“Saya mewakili manajemen menyampaikan rasa penghargaan yang tinggi kepada unit Arsip yang telah bekerja keras, sehingga meraih predikat Akreditasi A oleh Arsip Nasional,” ujar Tri Hartono Rianto.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Arsip Nasional, yang telah memberikan kepercayaan kepada PT Semen Padang untuk meraih Akreditasi A. Ia berharap, unit Arsip dapat terus mengembangkan kinerjanya sehingga dapat menjadi embrio yang lebih luas terutama di lingkungan Semen Indonesia Group.

“Sekarang ada portal kearsipan SP, baik itu mengetahui format pengiriman, tata kelola penyimpanan arsip di setiap unit kerja. Serta surat surat penting dr direksi. Diharap Unit Kearsipan bisa lebih baik dan dikoneksikan dengan Knowdledge Management System (KMS),” ulas Tri Hartono.

Sementara Asisten Administrasi Umum Pemprov Sumbar Sudirman Gani, mewakili Pj Gubernur, mengucapkan selamat atas keberhasilan Semen Padang yang berhasil meraih Akreditasi A dari Arsip Nasional.

”Semen Padang tanpa didukung dengan arsip yang lengkap dan baik, belum tentu orang tahu bahwa Sumbar memiliki perusahaan yang menjadi tonggak berdirinya industri di Indonesia dan menjadi kebanggaan,” paparnya. (ren)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional