Menu

Semen Padang Membangun Infrastruktur

  Dibaca : 173 kali
Semen Padang Membangun Infrastruktur
JEMBATAN GANTUNG yang menghubungkan Kelurahan Baringin dan Koto Lalang yang dibangun PT Semen Padang pada pertengahan Desember 2017 lalu. Sangat membantu aktifitas masyarakat untuk sekolah, ke pasar, bekerja, berdagang, dan ke sawah.

PT Semen Padang te­rus berkomitmen untuk memberikan manfaat eko­nomi bagi masyarakat lingkungan. Perusahaan  semen ini juga men­du­kung pengembangan ma­syarakat melalui payung strategi ’Basinergi Mam­bangun Nagari’.

Strategi ini sebagai ben­tuk komitmen PT Semen Padang agar pe­ru­sahaan terus ber­kembang dan maju bersama ma­syarakat dan diimbangi de­ngan upaya untuk me­minimalisir dampak ter­hadap lingkungan.

Hingga kini, peru­sa­haan terus meningkatkan sumbangsihnya dalam membangun negeri, teru­tama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar peru­sahaan. Tidak hanya dibidang fisik tapi juga pendidikan dan kesejah­teraan masyarakat khu­sus­nya masyarakat Suma­tera Barat.

Hal ini tercermin dari program beasiswa yang diberikan kepada ribuan anak sekolah, santunan bagi masyarakat kurang mampu, ribuan UMKM  telah dibina dan berbagai kegiatan sosial yang meli­batkan masyarakat.

Ketua KAN Lubuk Ki­langan Basri Dt Rajo Usali mengapresiasi dan berte­rima kasih atas sum­bang­sih yang sudah dibe­rikan PT Semen Pa­dang selama ini, terutama untuk ma­syarakat dan ling­ku­ngan di Lubukkilangan.

Berbagai infrastruktur dibangun dan dibantu Semen Padang secara ber­kelanjutan. Ini terlihat dari berbagai proyek in­sfras­truktur yang sudah tuntas dilaksanakan.

Di antara infrastruktur yang sudah dibangun ada­lah, jembatan ke SMAN 14 Padang yang dibangun pada 30 Juni 2016 lalu. Kemudian, pembangunan Jembatan Gantung Ba­ringin di tahun 2018.

Selain itu, untuk in­fra­struktur di sektor pen­didikan, Semen Padang mem­bangun 3 unit ruang belajar SMP 38 Padang di tahun 2017-2018. Terakhir, melakukan normalisasi Intake Baringin pada Juni 2020 serta jalan tembus Indarung-Gadut.

 “Alhamdulillah, sudah banyak kontribusi Semen Padang untuk anak nagari dan lingkungan di Lubuk Kilangan. Ini berkat ko­munikasi yang se­lalu ter­jalin dengan baik antara Semen Padang dengan na­gari, masyarakat, ni­niak mamak. Bantuan yang diberikan betul-betul dira­sakan manfaatnya hingga kini oleh ma­sya­rakat,” ung­kap Basri Dt Rajo Usali.

Ia menyebut, khusus untuk normalisasi intake yang sudah lama di­im­pikan oleh para petani di Baringin dan Tarantang, para petani kembali me­man­faatkan sawahnya untuk dita­nami padi. Be­lum lagi yang sangat dira­sakan adalah pem­bangu­nan jembatan serta jalan tembus In­darung-Gadut.

“Bantuan infrastruk­tur mulai dari jembatan, ja­lan, sekolah. Bahkan kan­tor KAN juga sudah di­renovasi. Tahun ang­ga­ran 2021 ini, juga akan dibantu pem­bangunan jembatan di Tarantang serta jalan dari Simpang Gaduik menuju Baringin. Kita tentu ber­harap apa yang sudah terjalin dan komunikasi yang berjalan dengan baik selama ini terus ter­b­a­ngun. Ma­sya­rakat juga bias mengerti dengan kon­disi Semen Padang,” ung­kap ketua KAN ini.

Selain itu, juga ada bantuan program Khusus Nagari Lubuk Kilangan (Luki) tahun anggaran 2020, resmi diseraht­eri­makan PT Semen Padang kepada masyarakat Lubuk Kilangan, Rabu (2/6/2021). Bantuan itu merupakan bentuk komitmen PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, melalui PT Semen Padang untuk ke­sejah­teraan masyarakat Nagari  Lubuk Kilangan

Program khusus na­gari yang diserahkan itu ter­diri dari ruang perte­muan Kantor KAN Lubuk Kilangan, normalisasi intake Sungai Lubuk Sariak yang disertai dengan pem­buatan bronjong dan saluran air untuk Baringin–Tarantang dan Lapangan Volley Kelurahan Padang Besi.

“Alhamdulillah kita ber­harap Semen Padang te­rus membantu ma­sya­rakat Luki. Dan, kita juga mengimbau masyarakat ikut menjaga kenyamanan dan keamanan PT Semen Padang selama kebe­rada­an­nya di nagari kita ini,” pungkas Basri Dt Rajo Usali. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional