Menu

Sembilan Desa Terimbas, 75,25 Hektare Sawah Diserang Wereng

  Dibaca : 83 kali
Sembilan Desa Terimbas, 75,25 Hektare Sawah Diserang Wereng
Ilustrasi

PARIAMAN, METRO
Diperkirakan sekitar 75,25 hektare sawah yang terletak di tiga kecamatan di Kota Pariaman, diserang wereng sejak Juni 2020 lalu. Akibatnya ratusan petani pemilik sawah mengalami gagal panen.

“Setidaknya ada sembilan desa yang terimbas, namun terbanyak di Kecamatan Pariaman Selatan,” kata Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman Dasril kemarin.

Disebutkan Dasril, data sawah terdampak hama wereng tersebut bersumber dari pengamat hama penyakit tanaman Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Sumbar yang melakukan pendataan di Pariaman. Berdasarkan pendataan tersebut lokasi terdampak hama wereng yaitu di Kecamatan Pariaman Selatan yang terdiri dari enam desa dengan luas sawah mencapai 65,75 hektare.

Lalu Pariaman Tengah terdiri dari dua desa dengan luas sawah terdampak enam hektare dan Pariaman Timur satu desa dengan luas sawah terdampak 3,5 hektare.

“Untuk mengatasinya kami bersama tim BPTPH melakukan sejumlah langkah antisipasi dan pencegahan agar hama tidak menyebar lebih luas dan tidak terulang kembali,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan adapun langkah yang dilakukan yaitu di antaranya dengan penyemprotan insektisida, penyuluhan pengendalian hama kepada petani, membersihkan gulma di area persawahan, serta merekomendasikan varietas padi untuk ditanam.

Ia menyampaikan saat ini jenis varietas padi yang ditanam di kawasan terdampak hama wereng tersebut yaitu IR 42 namun pihaknya meminta petani nantinya menanam padi jenis varietas lainnya.

“Kami merekomendasikan jenis varietas padi Bujang Marantau dan bibitnya akan kami berikan,” sebutnya.

Untuk itu Dinas Pertanian Pangan dan Perikananmenyampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman menganggarkan pembelian benih padi jenis Bujang Maranta untuk 500 hektare sawah.

“Pemprov Sumbar juga akan memberikan bantuan bibit padi varietas Bujang Marantau untuk 500 hektare sawah di Pariaman yang realisasinya sama dengan bantuan Pemkot Pariaman yaitu 2021,”aku Dasril. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional