Menu

Semak Belukar Menjadi Daya Tarik Wisata, “BPKPD Juara” Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

  Dibaca : 86 kali
Semak Belukar Menjadi Daya Tarik Wisata, “BPKPD Juara” Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
PEMENANG—Wako Genius Umar bersama para pemenang festival taman bunga.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman
Penyelenggaraan festival bunga, expo produk unggulan dan Pariaman Culture Everyweek tahun 2021 merupakan suatu kegiatan promosi pembangunan di Kota Pariaman. Sehingga kegiatan ini menjadi satu momentum bagi peningkatan perekonomian masyarakat, setelah di launching Calender of Event (CEO) Kota Pariaman tahun 2021 yang lalu.

Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan festival ini sederhana saja, yaitu dilokasi taman bunga yang sekarang ini dulunya adalah semak belukar, yang juga dihuni oleh hewan ternak.

Seperti sapi, kambing, dan hewan lainnya, padahal lokasi ini adalah daerah kawasan wisata. Oleh karena itu saya minta kepada OPD yang ada dilingkungan pemerintahan Kota Pariaman, untuk bisa membersihkan dan menanam bunga dilokasi tersebut.

“Jadi masing-masing OPD akan mendapatkan kaplingan taman yang sudah ditentukan, dan mereka berkewajiban untuk menggarap taman tersebut sampai benar-benar indah dengan berbagai macam jenis tanaman bunga yang mereka suka,” terang Walikota Pariaman ini.

“Alhamdulillah, lokasi yang dulunya jadi taman semak belukar, sekarang sudah disulap menjadi taman yang indah dengan beraneka ragam jenis bunga yang ditanam disana. Hebatnya, semua biaya dari pembuatan taman tersebut dananya sedikitpun tidak ada anggaran dari Pemko, tapi berasal dari inisiatif masing-masing OPD,” jelas Walikota Pariaman ini.

Beliau merasa senang dan bangga karena tujuan beliau satu persatu terwujud, seperti terjalinnya kekompakan dan hubungan silaturahmi antara atasan dengan bawahannya, karena setiap minggu tepatnya dihari jumat, mereka akan berkumpul bersama-sama untuk membersihkan taman meraka secara gotong royong.

“Saking semangatnya, OPD ini berinisiatif untuk membuat festival bunga menjadi event sendiri, dan event ini dananya juga tidak berasal dari pemerintah kota, jadi semuanya menyatu secara bergotong royong. Ternyata semangat gotong royong antara OPD kita dan juga Forkopimda semuanya terbukti sukses, dan sepertinya seluruh OPD Kota Pariaman ini bisa menjadi dinas pertamanan semuanya,” jelasnya.

Festival bunga sangat menarik bagi perkembangan wisata Kota Pariaman. Kenapa tidak di lokasi acara festival bunga juga da expo produk unggulan dan Pariaman Culture Everyweek tahun 2021.

Kegiatan tersebut langsung dibuka Walikota Pariaman H Genius Umar. Saat itu Geniu Umar menyatakan kegiatan ini memanfaatkan tempat dan sarana yang tersedia dalam menata tanaman bunga.

“Lihat saja kader TP-PKK Desa/Kelurahan sangat kreatif dalam menata tanaman bunga. Ini terlihat dari setiap penampilan penataan bunga dari Desa/Kelurahan yang berada di Pantai Kata,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Katanya, kegiatan seperti ini sebaiknya rutin diadakan, agar para kader TP-PKK Desa/Kelurahan terus berinovasi dan berkreasi dalam setiap kegiatan yang diperlombakan. “Dengan digelarnya kegiatan ini, kita mengharapkan kunjungan dari wisatawan dapat meningkat, sehingga tujuan Kota Pariaman sebagai kota wisata jadi terwujud dan perekonomian masyarakat meningkat,” ujarnya.

Kegiatan ini katanya, berkat inisiatif dari seluruh Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintahan Kota Pariaman. “Sehingga terwujudlah satu kegiatan festival bunga, expo produk unggulan dan Pariaman culture everyweek 2021,” ujarnya.

Ketuai kegiatan yang juga Inspektur Pemko Pariaman Yota Balad menjelaskan tujuan kegiatan ini diadakannya untuk meningkatkan promosi pariwisata daerah, memberikan wadah dan sarana promosi bagi pengusaha/pengrajin, instansi swasta/ BUMN/ BUMD dan pemerintah.

Mempublikasikan kegiatan-kegiatan OPD Kota Pariaman, dan mewujudkan Kota Pariaman sebagai kota wisata yang islami dengan menampilkan budaya-budaya serta kesenian Kota Pariaman, dan menciptakan branded event Kota Pariaman, untuk dijadikan agenda tetap tahunan Kota Pariaman.

Kemudian juga ada Pameran expo produk unggulan serta pameran taman bunga SOPD se Kota Pariaman, yang bisa dilihat di seberang lokasi pembukaan pada sore hari ini. Acara penampilan kesenian dan Pameran Cultrure Everyweek yang dilaksanakan di Pentas Seni Pantai Kata ini dan bisa disaksikan oleh pengunjung dan masyarakat sambil melihat indahnya Sunset di Kota Pariaman.

“Untuk peserta pameran, ada sebelas stand yang berdiri disana, diantaranya Pemerintah Kota Padang (2 stand), Dinas Perindagkop dan UKM Kota PAriaman (1 stand), Kecamatan Pariaman Timur ( 1 stand), Kecamatan Pariaman Tengah (1 stand), Kecamatan Pariaman Selatan (1 stand), Kecamatan Pariaman Utara (1 stand), Dinas Pertanian Kelautan dan Pangan Kota Pariaman (1 stand), dan BUMN/BUMD Kota Pariaman (2 stand),” jelas Inspektur Yota Balad.

Dalam festival taman bunga tersebut, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman meraih juara 1 pada lomba taman bunga antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD se Kota Pariaman. “Kita telah menyelesaikan salah satu event pariwisata Kota Pariaman yaitu festival bunga dan expo produk unggulan tahun 2021 Kota Pariaman,” kata Ketua Tim Penilai Taman bunga dan menata bunga Lucy Arlym, kemarin.

Salah satu kegiatan ini adalah lomba taman bunga antar OPD, BUMD dan menata bunga antar desa dan kelurahan se Kota Pariaman. Adapun kriteria dalam lomba ini kekompakkan, keanekaragaman jenis bunga, kebersihan dan keindahan taman. Dengan itulah dapat dipilih pemenangnya, “ ungkapnya. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional