Menu

Seleksi Kadis Pertanahan, DPRD: Pilihlah yang Berkompeten!

  Dibaca : 189 kali
Seleksi Kadis Pertanahan, DPRD: Pilihlah yang Berkompeten!
Anggota Komisi I DPRD Padang, Jumadi

SAWAHAN, METRO
Anggota Komisi I DPRD Padang, Jumadi meminta kepada peserta yang mendaftar sebagai kepala Dinas Pertanahan, agar mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi (pansel). Hal ini supaya proses seleksi bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak mengalami kegagalan.

“ASN yang daftar harus patuhi aturan dalam seleksi serta bersainglah secara profesional,” ujar kader Golkar ini pada Minggu (20/9).

Selanjutnya, Jumadi juga meminta kepada pansel untuk menggelar tahapan seleksi secara disiplin, terbuka serta tanpa Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Jangan sampai dalam perjalanan pelaksanaan seleksi, ada unsur kecurangan atau titipan, kolega dari pimpinan daerah.

“Jika pemko ingin membuka kesempatan bagi pejabat eselon II menjadi kepala dinas, bukalah secara fair,” ucapnya.

Selain itu terang Jumadi, kepada peserta yang ikut diminta menyampaikan program unggulannya dengan jelas dan terperinci. Program yang disampaikan itu, harus milik sendiri dan bukan dari pihak lain. Jangan sampaikan karya orang walaupun nilai jualnya tinggi.

“Peserta harus mengeluarkan skilnya sendiri, mesti harus diperbaiki jika disuruh ulang pansel. Ini lebih berharga daripada mencontoh,” paparnya.

Lalu, kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM) ungkap Jumadi, diminta memilih calon kadis yang berkompeten di bidangnya. Jangan pansel menunjuk sosok yang tak lulus. Apalagi tidak ikut seleksi dari awal. Itu kan tak ada gunanya dibuka lelang.

“Dan kepada pejabat yang dinyatakan memenuhi syarat, terpilih dan dilantik menjadi kadis oleh pimpinan daerah nantinya, diminta bekerja dengan maksimal dan saling koordinasi dengan semua pihak. Agar target yang diberikan terealisasi dan penyimpangan tak terjadi,” sebutnya.

Sebelumnya, BKPSDM Padang telah membuka seleksi jabatan terbuka atau lelang jabatan pimpinan tinggi pratama untuk kepala Dinas Pertanahan beberapa waktu lalu. Penerimaan berkas 14 – 18 September 2020 untuk eselon golongan IIB. Diperuntukan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Provinsi Sumbar dan Pemda kabupaten dan kota se-Sumbar.

Kepala BKPSDM Kota Padang, Suardi mengatakan, PNS yang ikut seleksi harus melengkapi persyaratan yang ditentukan pansus. “Persyaratan lebih lanjut, dapat dilihat melalui website BKPSDM Padang,” harapnya.

Tahap seleksi terang Suardi, dimulai dari administrasi, seleksi kompetensi, rekam jejak serta wawancara. Suardi mengungkapkan, untuk antisipasi penyebaran virus corona, berkas seleksi tidak diantarkan langsung seperti biasanya. Namun diupload atau secara daring. Dinas Pertanahan ini sendiri merupakan OPD baru di Pemko Padang.

Sebelumnya, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, persoalan tanah di Padang sangat kompleks dan dibutuhkan perangkat daerah yang fokus melayaninya.

“Karena kita di Padang ini memiliki persoalan-persoalan yang sangat kompleks. Maka untuk itu, sudah disetujui oleh DPRD dan Pak Gubernur Sumbar untuk membentuk Dinas Pertanahan Tipe C,” ujar Mahyeldi Ansharullah, Senin (13/7) lalu.

Menurutnya, pembentukan Dinas Pertanahan ini akan disiapkan aturan teknis dalam bentuk Perwako dan direncanakan sudah ada pada tahun 2021. Dinas Pertanahan nantinya akan berfungsi menyelesaikan permasalahan tanah di Padang. Kemudian mencarikan solusi terkait persoalan tanah yang dihadapi masyarakat Kota Padang.

“Begitu juga dengan pemulihan pertanahan dan permasalahan masyarakat tentang tanah, seperti dikatakan anggota DPRD tadi,” ujarnya.

Mahyeldi berharap dengan adanya Dinas Pertanahan akan melancarkan pembangunan Kota Padang ke depannya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional