Close

Seleksi CPNS 2021 Dimulai Hari Ini, Peserta Jalur Sekolah Kedinasan Harus Mencapai Nilai 65

HARI INI—Seleksi CPNS 2021 dimulai hari ini Senin (31/5). Para peserta tes sekolah kedinasan harus mencapai nilai minimal 65 untuk TWK.

JAKARTA, METRO–Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021 melalui skema sekolah kedinasan segera mema­suki seleksi kompetensi dasar (SKD). Tahapan ini merupakan proses seleksi untuk menjamin pelamar sekolah kedinasan yang melanjutkan ke tahapan selanjutnya telah meme­nuhi kompetensi dasar yang ditetapkan. “Mulai hari ini Senin 31/5) SKD sekolah kedinasan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kepegawaian Negara (B­KN) Paryono yang dihu­bungi, Minggu (30/5).

Untuk memenuhi hal tersebut, pemerintah telah menetapkan standar peni­laian dalam bentuk nilai ambang batas seleksi CA­SN.  Penetapan tersebut tercantum dalam Kepu­tusan Menteri Penday­a­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 921/2021 tentang Nilai Ambang Batas SKD Seleksi Penerimaan Maha­siswa/Praja/Taruna S­e­kolah Kedinasan pada Ke­men­terian/Lembaga Ta­hun Anggaran 2021.

Dalam Keputusan Men­PAN-RB itu disebutkan bahwa SKD dalam seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah ke­dinasan pada K/L tahun anggaran 2021 terdiri dari tiga materi soal, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Para peserta diberikan waktu 100 menit untuk me­nger­jakan tes SKD. Ada­pun nilai ambang batas bagi masing-masing materi SKD tersebut adalah 156 untuk TKP, 80 untuk TIU, dan 65 untuk TWK. Ambang batas ini merupakan nilai paling rendah yang harus dipenuhi setiap peserta seleksi.

 “Passing grade SKD tersebut tidak berlaku bagi peserta dari daerah ter­tentu yang mendapat afir­masi,” kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo dalam Kep­men yang ditanda­tanga­ninya 21 Mei 2021 itu. Afir­masi ini, lanjutnya, diu­sulkan oleh K/K penyeleng­gara sekolah kedinasan serta telah disetujui men­PAN-RB. Pengecualian nilai ambang batas bagi peserta yang berasal dari daerah afirmasi tersebut berisikan dua ketentuan. Pertama, nilai kumulatif SKD paling rendah sebesar 281. Ke­dua, mendapatkan nilai TIU se­rendah-rendahnya 55.

“Peserta seleksi harus memenuhi nilai ambang batas ini dari jumlah kese­luruhan soal sebanyak 110 soal,” ucapnya. Dari tiga materi soal tersebut, TKP merupakan materi dengan soal terbanyak, yakni 45. TIU terdiri dari 35 soal, dan TWK 30. Nilai kumulatif tertinggi yang bisa diraih peserta seleksi pada SKD ini adalah 550, dengan pe­rincian nilai tertinggi bagi TKP adalah 225, TIU 175, dan TWK 150. (esy/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top