Close

Selamatkan Mertua, Khairul Tewas Terpanggang, 2 Rumah Ludes Diamuk Si Jago Merah di Taratak, Kecamatan Lubuk Kilangan

KEBAKARAN— Petugas Damkar melakukan pemadaman terhadap dua rumah yang terbakar di Kelurahan Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan.

PADANG, METRO–Kebakaran yang terjadi di Taratak, RT 003 RW 003, Kelurahan Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kamis (23/9) sekitar pukul 00.00 WIB, menimbulkan korban jiwa. Seorang pria tewas terpanggang gara-gara berusaha menye­lamatkan mertuanya yang terjebak dalam rumah saat kebakaran.

Korban yang me­ning­gal diketahui bernama Khai­rul Umam (39) ditemu­kan oleh petugas Damkar usai me­ma­ damkan api. Kondisi korban mengalami luka bakar di seluruh tubuh­nya dan selanjutnya dieva­kuasi oleh Tim Palang Me­rah Indonesia (PMI) ke Ru­mah Sakit (RS) Bhayang­kara.

Sementara mertuanya Taufik (78) sekaligus pemi­lik rumah berhasil disela­matkan, meski tangannya juga mengalami cedera pada tangannya gara-gara sempat terjatuh saat beru­saha menyelamatkan diri dari amukan di jago merah.

Kapolsek Lubuk Ki­langan, AKP Lija Nesmon mengatakan, kebakaran yang terjadi di Kelurahan Tarantang, meludeskan dua unit rumah. Hanya saja, dalam musibah itu, ada satu orang yang me­ninggal karena terjebak di dalam rumah saat keba­karan terjadi dan satu orang mengalami luka.

“Dua rumah yang ter­bakar itu ludes nyaris tak bersisa. Rumah itu meru­pakan milik warga ber­nama Taufik dan Nofrianti, dengan total kerugian ma­teril kurang lebih Rp 150 juta. Dinas Pemadam Ke­ba­karan menerjunkan seti­daknya lima armada de­ngan puluhan personel untuk membantu mema­dam­kan api,” kata AKP Lija.

Peristiwa kebakaran itu, kata Lija, bermula saat salah seorang warga me­lihat api berkobar di rumah milik Taufik. Api yang sudah membesar dengan cepat menjalar ke rumah No­frian­ti yang berada di se­belahnya.

“Saat itu, saksi ini me­manggil warga lainnya dan melaporkannya ke kami dan Dinas Damkar. Kemu­dian, petugas pemadam kebakaran yang tiba di lokasi langsung mema­dam­kan api dan berhasil di­pa­damkan satu jam sete­lah­nya, sekitar,” ujarnya.

Menurut AKP Lija, kor­ban Khairul diduga me­ninggal dunia karena beru­saha masuk ke dalam ru­mah untuk menye­lamat­kan mertuanya bernama Taufik. Sementara, Taufik mengalami cedera karena terjatuh saat menye­la­mat­kan diri.

“Korban dievakuasi ke RS Bhayangkara oleh petu­gas PMI. Namun kami be­lum dapat memastikan pe­nyebab kebakaran terse­but. Saat ini personel masih melakukan penyidikan pe­nye­bab kebakaran ter­sebut,”tutupnya.

Sementara itu, Kabid Ops Damkar Kota Padang Basril mengatakan keja­dian terjadi di lokasi pemu­kiman padat penduduk dan akses jalan yang sempit sehingga pihaknya sedikit kesulitan untuk masuk ke lokasi.

“Dampak kejadian, dua rumah permanen hangus terbakar, 15 bangunan ber­dam­pak ringan, terdapat 4 KK yang mengungsi ke rumah tetangga, satu orang luka-luka, dan satu orang meninggal dunia,” tu­tur­­nya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top