Menu

Selama Ramadhan, Vaksinasi Sasar Guru dan Lansia

  Dibaca : 68 kali
Selama Ramadhan, Vaksinasi Sasar Guru dan Lansia
Ferimulyani Hamid, Kepala Dinkes Padang

AIAPACAH, METRO
Selama bulan Ramadhan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang tetap melakukan vaksinasi Covid-19 di Kota Padang guna mencegah penularan wabah virus Corona. Pemberian vaksinasi dilakukan dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa.

Kepala Dinkes Padang Ferimulyani Hamid mengatakan, pihaknya menargetkan melakukan vaksinasi secara umum 29 persen dari sasaran. “Saat ini diprioritaskan untuk vaksinasi  tenaga pendidik yakni guru dan lansia di Kota Padang,” kata Ferimulyani kepada POSMETRO, Jumat (16/4).

Ferimulyani memastikan pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi umat muslim di bulan Ramadhan tidak membatalkan puasa berdasarkan Fatwa MUI Nomor 13 tahun 2021.

Fatwa tersebut direkomendasikan MUI agar pemerintah dapat melakukan vaksinasi di bulan Ramadhan demi mencegah penularan Covid-19.

“Vaksinasi diusahakan pagi hari. Dapat diketahui, proses vaksinasi melalui injeksi intramuskular atau disuntikan melalui otot tidak membatalkan puasa. Injeksi intramuskular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya,” tuturnya.

Di sisi lain, ia menjelaskan, untuk vaskin sendiri memang ada kedaluarsanya. Akan tetapi vaksin dikirim oleh kementerian Kesehatan RI bertahap tidak sekali banyak.

“Apabila habis, vaksin akan dikirim lagi oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan,” terangnya.

Kadinkes Padang juga  menghimbau, apabila seseorang sudah divaksin tetap dan wajib patuhi protokol kesehatan.

“Jadi vaksin tidak serta merta terhindar dari Covid-19. Namun, risiko orang yang telah divaksin terpapar Covid-19 lebih ringan tidak sampai dirawat di rumah sakit karena sel memori telah terbentuk. Maka tetap patuhi prokes selama beraktivitas,” pungkasnya.

Selain itu, di bulan Ramadan, umat Islam yang akan divaksinasi perlu memperhatikan dua hal ini, yakni istirahat cukup dan sahur dengan makan makanan bergizi seimbang.

Selain itu, juga tetap disiplin protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker dengan benar menutupi hidung dan mulut, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional