Close

Selama Ramadhan 1443 Hijriah, Satpol PP Damkar Agam Catat 18 Kasus Kebakaran

PEMADAMAN API— Petugas Damkar Kabupaten Agam berjibaku memadamkan api saat kebakaran terjadi di salah satu rumah warga saat Ramadhan 1443 Hijriah lalu.

AGAM, METRO–Selama Ramadhan sampai tujuh hari pasca Lebaran Idul Fitri 1443 H, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Dam­kar) Kabupaten Agam merilis kasus bencana kebakaran di wilayahnya terhadi sebanyak 18 kasus. Sehingga bencana kebakaran ini  menelan kerugian dengan total mencapai Rp3,06 miliar.

”Menurut data Satpol PP Damkar Agam, yang kasus kebakaran yang dihimpun dari 18 lokasi kebakaran ter­sebut yakni di Kecamatan Ampekangkek, Baso, Tilatangkamang, Ampekkoto, Canduang, Matua, Baso dan lainnya,” ungkap Kepala Satpol PP Damkar Agam, Dandi Pribadi didampingi Kabid Damkar Satpol PP Damkar Agam, Afri Yunanda,  Jumat (13/5).

Ia menjelaskan  kebakaran selama Ramadhan sampai Idul Fitri tahun ini naik dibandingkan tahun sebelumnya, kalau tahun yang lalai kasus kebakaran sebelumnya hanya 12 kejadian dan berkurang enam kejadian dibandingkan tahun ini.  Namun, total kerugian material akibat kebakaran pada 2021 mencapai Rp4,2 milar atau naik Rp1,2 miliar.  “Kebakaran itu akibat korsleting listrik, kompor meledak dan lainnya,” kata Afri.

Ia mengakui total kebakaran di daerah itu selama 2022 sebanyak 74 kejadian dengan kerugian Rp4,67 miliar.  Sementara pada 2021 sebanyak 139 kejadian dengan kerugian material Rp23,48 miliar.  Ia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan cara menjauhkan api dengan bahan mudah terbakar, mengganti jaringan listrik yang berusia diatas 15 tahun dan lainnya.

Warga juga diminta untuk menghubungi Pemadam Kebakaran Agam apabila terjadi kebakaran ke Sektor Lubukbasung dengan nomor 0752 66113, Sektor Sungai Tanang dengan nomor 0752 7444236 dan frekwensi radio 151.139 Mhz.

“Petugas langsung ke lokasi apabila men­dapatkan informasi terjadinya kebakaran,” kata Afri. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top