Menu

Selama Pandemi, Pelanggaran Perda Pekat di Payakumbuh Turun

  Dibaca : 70 kali
Selama Pandemi, Pelanggaran Perda Pekat di Payakumbuh Turun
Junaidi Plt. Kasat Pol-PP dan Damkar Kota Payakumbuh.

PDG.KADUDUAK, METRO–Pelanggaran Terhadap Peraturan Daerah Ten­tang Pencegahan dan Pem­berantasan Penyakit Masyarakat (Pekat) No­mor 1 Tahun 2003 di Kota Payakumbuh turun sela­ma Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 lalu. Hal tersebut jauh berbeda dengan Tahun 2019 lalu yang mencapai 293 Pelanggaran.

Turunnya angka Pe­lang­garan Pekat di Kota perlintasan Sumbar-Riau itu karena Razia Rutin yang digelar Tim Ga­bu­ngan serta Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah sejak Kasus Covid-19 me­ningkat. Selain itu, du­kungan dari berbagai pi­hak yang ikut mengan­tisipasi terjadinya ber­bagai Penyakit Masya­rakat.

Hal tersebut diung­kapkan Plt. Kasat Pol-PP dan Damkar Kota Paya­kumbuh, Junaidi, Senin (6/9) di Kantornya. Turunnya tingkat pelanggaran ter­hadap Pekat tersebut diha­rapkannya dapat terus dipertahankan, sehingga daerah terbebas dari ber­bagai gangguan kamtib­mas.

“Iya, jika dibandingkan sebelum terjadi Pandemi Covid-19, saat ini tingkat Pelanggaran Perda Pekat turun. Hal tersebut terjadi karena adanya pemba­tasan yang dilakukan pe­merintah serta razia rutin yang kita gelar ber­sama tim gabungan,” je­las­nya.

Mantan Camat Pay­a­kumbuh Barat itu me­nyebutkan, pada tahun 2020 terdapat 39 pelang­garan dan 117 Pelang­garan Perda Pekat pada tahun 2021 ini. Sementara jenis pelanggaran Pekat itu berupa, kasus Pe­nya­lah­gunaan lem, tuak serta Kasus Asusila. “Untuk pelanggaran Perda Pekat yang banyak dilanggar adalah penyalahgunaan Lem, tuak serta Asusila,” ucapnya.

Dari ratusan Pelang­gar Perda itu, dua pe­langgar diantaranya di­bawa ke Pengadilan untuk menjalani Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring). “ Untuk efek jera, kita me­mang membawa pelang­gar yang berulangkali ter­jaring razia ke meja hijau (Pengadilan.red),” jelas­nya. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional