Menu

Selama Pandemi Covid-19, Transaksi Digital Bank Nagari Catat Meningkat Tajam

  Dibaca : 542 kali
Selama Pandemi Covid-19, Transaksi Digital Bank Nagari Catat Meningkat Tajam
M Irsyad

PADANG, METRO
Pandemi Covid-19 memaksa kegiatan ekonomi berhenti sejenak. Berbagai aktivitas terganggu termasuk bagi layanan perbankan. Namun, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau dikenal Bank Nagari masih mencatatkan pertumbuhan atau peningkatan transaksi digital yang signifikan.

“Bank Nagari cukup memiliki bantalan likuiditas yang kuat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ini dibuktikan transaksi digital mobile banking meningkat 40 persen dibanding sebelum pandemi Covid-19,” kata Pjs Direktur Keuangan Bank Nagari, M Irsyad didampingi Pemimpin Divisi Pemasaran, Sania Putra, kemarin.

Ia menyebutkan dari April diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), work from home (WFH) dan lainnya, terbukti transaksi digital mobile banking Bank Nagari ini sangat cepat.

“Pada posisi April 2020 saja, transaksi digital mobile banking tercatat 660 ribu. Pada posisi Mei tercatat 913 ribu. Dan, hingga saat ini sudah tercatat 1,8 juta transaksi. Ini membuktikan digitalisasi di Sumbar sudah menjadi sebuah kebutuhan,” sebut Irsyad.

Peningkatan transaksi secara digital, sebut Irsyad, tak hanya untuk pembayaran, tetapi juga transfer antar bank. Disusul transaksi pembelian yang dilakukan oleh nasabah pengguna mobile banking.

“Dengan kenaikan ini, akan mendongkrak bisnis jasa dari fee base income kami. Tetapi target kami, tidak semata meningkatkan transaksi, tetapi masyarakat semakin aware menggunakan mobile banking Bank Nagari untuk berbagai macam transaksi,” jelasnya didampingi Humas Bank Nagari, M Riza Harry Susanto.

Dongkrak Wisata Sumbar
Di sisi lain, Irsyad juga menjelaskan dalam waktu dekat, kartu ATM Bank Nagari sudah bisa digunakan untuk bertransaksi di tiga negara Asia yakni Malaysia, Korea Selatan dan Thailand. Hal itu tertuang dalam surat persetujuan Bank Indonesia tertanggal 17 Juni 2020.

“Transaksi untuk tiga negara di Asia yaitu Malaysia, Korsel dan Thailand, sudah bisa dilaksanakan dengan kartu ATM Bank Nagari,” sebut M Irsyad.

Menurut M Irsyad, untuk mewujudkan hal tersebut, Bank Nagari diberikan waktu untuk mempersiapkannya selambat lambatnya 6 bulan ke depan. “Mudah-mudahan dengan adanya layanan baru ini, dunia pariwisata Sumbar akan semakin bergairah. Tamu terutama saudara kita dari Malaysia dan orang Minang yang ke Malaysia bisa dilayani tanpa harus menukarkan uang. Cukup dengan kartu debitnya sudah bisa bertransaksi dan mengambil uang sesuai kebutuhannya sesuai mata uang negara tersebut,” papar Irsyad.

Sania Putra menjelaskan, kartu ATM nasabah bank-bank dari Malaysia, Thailand, dan Korea yang tergabung dalam jaringan Asian Payment Network (APN) dapat menggunakan mesin ATM Bank Nagari. Untuk Bank Nagari di ATM berlogo Prima, untuk Malaysia ATM berlogo MEPS, untuk Thailand di ATM berlogo ATM POOL dan di Korea Selatan di ATM dengan logo EXK.

“Sebenarnya kita sudah siap. Namun, kini kan masih dalam situasi pemulihan atas wabah Covid-19. Kalau sudah aman nanti, dalam waktu dekat layanan ini akan segera dilaunching,” kata Irsyad. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional