Menu

Selama Pandemi Covid-19 Pedagang Boleh Menangguhkan Retribusi

  Dibaca : 341 kali
Selama Pandemi Covid-19 Pedagang Boleh Menangguhkan Retribusi
Selama Pandemi Covid-19 Pedagang Boleh Menangguhkan Retribusi

PAYAKUMBUH, METRO
Pemko Payakumbuh, memastikan tidak ada paksaan dalam pemungutan retribusi bagi pedagang yang belum sanggup membayar pada saat pandemi Covid-19 ini. ”Kebijakan itu karena kita saat ini dalam pandemi. Untuk pemungutan retribusi toko saat ini tidak ada paksaan, tapi yang mau ditangguhkan dulu juga boleh,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh, Dahler di Payakumbuh, Rabu.

Meski begitu, sebut Dahler, pihaknya tetap akan mendatangi atau menghubungi pedagang yang bersangkutan. Namun, pedagang diperbolehkan menyampaikan kepada petugas apabila memang tidak sanggup membayar pada saat itu.

“Jika digratiskan memang belum ada aturan kita terkait itu, tapi boleh minta ditunda. Kita sama-sama tahu kondisi saat ini, pedagang kita bisa dikatakan sangat minim jual beli,” ujarnya.

Terutama, bagi pedagang yang tidak menjual barang harian atau bahan pokok. Bahkan juga didapati pedagang yang memang sama sekali tidak ada jual-beli.

”Seperti yang berjualan baju dan lainnya itu, karena itu bukan kebutuhan primer jadi masyarakat kita juga tidak terlalu melirik itu saat ini,” sebutnya.

Berbanding terbalik, untuk pedagang di Pasar Ibuh yang menjual sembako sampai saat ini belum ada yang mengajukan untuk penundaan pembayaran retribusi. Umumnya, pedagang di Pasar Ibuh transaksinya masih normal.

”Untuk Pasar Ibuh umumnya lancar. Sekilas memang pasar tidak seramai biasanya, sebab saat ini masyarakat sudah banyak berbelanja melalui Garendong (pedagang keliling) atau kurir online yang mengambil dagangan dari Pasar Ibuh,” ujarnya.

Ia mengatakan untuk total tempat berjualan yang ada di Pasar Atas dan Pasar Ibuh, yakni pertokoan 1.259, kios 506 dan los sebanyak 449. Selanjutnya untuk Pedagang Kali Lima (PKL) yang ada di blok pertokoan sebanyak 636 dan PKL yang ada di Pasar Ibuh sebanyak 1.533. ”Kita berharap kondisi kita secepatnya dapat kembali normal. Sehingga jual-beli pedagang kita juga seperti biasanya,” sebutnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional