Close

Selama Libur Lebaran, Polres Bukittinggi Catat 375 Kasus Laka Lantas

Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Ghanda Novidiningrat saat diwawancarai wartawan.

BUKITTINGGI, METRO–Polres Kota Bukittinggi membukukan selama libur lebaran 2022 terjadi setidak­nya 375 kasus pelanggaran lalu lintas, yang dilakukan warga baik dari kalangan pemudik, wisatawan atau warga kota setempat.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi AKP Ghanda Novidiningrat mengatakan, meningkatnya jumlah pengendara roda dua maupun roda empat yang berlibur ke Kota Wisata Jam Gadang Bukittinggi, tidak luput dari sejumlah pelanggaran seperti tidak mengenakan helm dan tidak melengkapi surat-surat atau dokumen kendaraan.

“Padatnya jumlah pengunjung yang datang ke Kota Bukittinggi merupakan pilihan untuk berwisata di Sumbar saat libur lebaran. Bukan berarti ada pengecualian bagi pengendara bisa bebas melakukan pelanggaran lalu lintas,” kata Ghanda

Ia menyebutkan, selama lebaran hingga Minggu (8/5), total pelanggaran yang dibukukan jajaran Satuan Lantas Polres Bukittinggi berjumlah 375 pelanggar baik pelanggaran roda dua maupun roda empat.

Pelanggaran didominasi pengendara roda dua antara lain tidak menggunakan helm, knalpot tidak sesuai standar dan juga ada yang tidak melengkapi surat-surat kendaraan ketika bepergian.  “Pengendara yang melanggar pada umumnya berasal luar daerah seperti dari Riau dan Jambi, pelanggar tetap ditindak tegas dengan melakukan tilang,” kata Ghanda.

Ia juga mengingatkan, pengendara roda dua wajib menggunakan helm SNI, pengemudi roda empat tetap menggunakan sabuk pengaman serta melengkapi surat-surat kendaraan lainnya. “Dalam mengendarai kendaraan diminta kepada pengendara untuk bisa mengontrol emosi, jangan ugal-ugalan dan kurangi kecepatan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, ingat keluarga menanti di rumah sehingga dalam berkendaraan tetap berhati hati,” kata Ghanda.

Dalam libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 2022 sekaligus masa libur panjang, para pengendara roda dua maupun roda empat yang masuk ke Kota Bukittinggi meningkat dua kali lipat dari biasanya.

Walikota Bukittinggi Erman Safar telah merilis bahwa setidaknya ada 100.000 kendaraan dari ratusan ribu wisatawan yang masuk ke Kota Bukittinggi selama libur Lebaran.

“Data yang kami dapatkan, ada 400.000 orang yang datang berkunjung berwisata dan berlibur ke Bukittinggi, setidaknya ada 100.000 kendaraan berbagai jenis yang masuk dan melintas,” kata Erman. Wali Kota juga menyebut kan banyaknya perputaran uang yang beredar di Bukittinggi yang disebut hingga mencapai Rp80 miliar. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top