Close

Selaju Sampan Lintau akan Dijadikan Destinasi Wisata

SELAJU SAMPAN— Bupati Tanahdatar Eka Putra membuka acara Selaju Sampan di Lintau.

TANAHDATAR, METRO–Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, dipadati ribuan masyarakat dan perantau Lintau Sem­bilan Koto karena menjadi arena Alek Anak Nagari dengan perlombaan pera­hu yang dinamakan Selaju Sampan di Kabupaten Tanahdatar. Bupati Eka Putra saat membuka alek nagari tersebut, Kamis (5/5), berharap wahana air tersebut menjadi destinasi pariwisata baru sebagai desa wisata di Tanahdatar.

“Mari kita sama-sama menjadikan Tobek Panjang sebagai objek wisata baru dan menyelenggarakan event tentunya tidak lepas atas kekompakan unsur masyarakat,” kata Eka Putra sembari apresiasi pemuda setempat.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, pemerintah daerah mempunyai program unggulan (progul) Satu Nagari Satu Iven, tentunya kegiatan ini sangat mendukung progul Tanah Datar kede­pan, diharapkan untuk di kelola lebih baik.

“Insyaallah kalau sudah terkelola dengan baik dan berkesinambungan bisa dijadikan desa wisata,” pesan Bupati.

Sebelumnya Ketua Panitia Herman Fitri sampaikan kegiatan selaju sampan terlaksana atas kekompakan Pemuda Nagari Tigo Jangko dengan tema ”Pemuda Bersinergi Untuk Nagari” dalam rangka melestarikan budaya semenjak tahun 1970  dan memeriahkan Idul Fitri.

”Kegiatan ini dua tahun vakum, karena pandemi Covid-19, alhamdulillah lebaran tahun ini bisa dilaksanakan selama sepuluh hari untuk mengobati kerinduan masyarakat Nagari Tigo Jangko, baik di kampung halaman mau­pun perantauan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Wali Nagari Tigo Jangko Mustafa Kamal, kegiatan ini sudah berlansung sejak dulunya dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Sementara itu Angota DPRD Sum­bar Jefri Masrul juga sampaikan ucap­kan terima kasih atas dukungan peme­rintah daerah untuk kegiatan Alek Anak Nagari ini dijadikan destinasi wisata bahkan desa wisata.

Selaku anggota DPRD Sumbar juga mendukung kegiatan ini dijadikan iven tetap dan dikembangkan menjadi desti­nasi wisata yang akan meningkatkan perekonomian masyaraka. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top