Close

Sektor Pertanian tak Terpengaruh Dampak Covid-19 di Kota Sawahlunto

PELATIHAN— Pelatihan ternak unggas yang diadakan Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Sawahlunto dibuka langsung Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

SAWAHLUNTO, METRO–Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Kota Sawahlunto gelar pelatihan Ternak Unggas di Hall PTBA, Senin (15/11). Walikota Sawahlunto Deri Asta membuka pelatihan yang diadakan sehari penuh ini dengan mengundang puluhan peternak unggas yang tersebar di 4 kecamatan yang ada di Kota Sawahlunto.

Di sini Deri Asta mengungkapkan, sektor yang tidak terpengaruh di tengah kondisi pandemi Covid 19 ini adalah sektor pertanian dan peternakan. ” Artinya ini sektor yang potensial yang mesti dikembangkan dan diberi perhatian penuh. Di mana sesuai dengan visi dan misi Pemko Sa­wahlunto, yang merujuk pada pemanfaatan sumber daya yang ada disekitarnya untuk me­ningkatkan pendapatan,” ujar Deri Asta.

Dari segi peternakan, Deri Asta mengaku, sudah 3 tahun memberikan bantuan unggas seperti ayam dan itik. Kolaborasi dari semua pihak dibutuhkan dalam pengembangan sektor peternakan ini, terutama dalam pemasarannya. ” Maka dari itu saat ini digandeng sektor swasta yaitu dalam hal ini BUMN PTBA banyak membantu dalam permodalan peternak. Untuk segi  pasar masih terbuka luas di kota Sawahlunto, Menurut data untuk konsumsi telur masyarakat Sawahlunto di tahun 2020 36,02 kg dan ini belum terpenuhi oleh produksi lokal,” kata Deri Asta.

Buat permodalan Pemko Sawahlunto telah melaksanakan dana bergulir untuk membantu peternak unggas, kredit berbunga rendah. Man­faat­kan modal sebanyak mungkin dan semaksimal mungkin dengan sistem bapak angkat. Juga dari Bank Nagari memberikan kesempatan berupa usulan. Disini PT Rajawali juga bisa menyediakan pakan dan juga membantu market atau pe­masarannya.

Heni Purwaningsih Kadis Pertanian Perikanan dan Pangan menginformasikan bahwa sasaran dari pelatihan peternakan ini adalah masyarakat peternak unggas. ” Jumlah peserta 137 orang. Narasumber ada 4 yaitu dari PT Rajawali sebagai pemateri kemitraan, Bank Nagari Cabang Sa­wahlunto untuk materi penyediaan sim kredit bagi para peternak, Akedimisi dari UNAND Fakultas Peternakan untuk materi mengenai tata cara beternak unggas, dan dari Dinas Peternakan menjelaskan tentang pengelolaan unggas. Pelak­sanaan pelatihan 1 hari pada 15 November 2021,” ujar. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top