Menu

Sektor Pendidikan, Bukan Semata Tanggung Jawab Pemda

  Dibaca : 82 kali
Sektor Pendidikan, Bukan Semata Tanggung Jawab Pemda
PEMIKIRAN pendidikan— Bupati Solok Gusmal ketika memberikan pemikirannya soal dunia pendidikan di Kabupaten Solok.

SOLOK, METRO
Bupati Solok Gusmal mengatakan, sektor pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, meski secara khusus pemerintah daerah mendapatkan mandat untuk menyelenggarakan pendidikan dan mengelolanya. Namun, peran institusi seperti BUMN, pihak swasta, perusahaan maupun organisasi sosial lainnya sangat dibutuhkan dalam memajukan dunia pendidikan. Karena, sektor pendidikan ini merupakan langkah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang akan diserahkan perpanjangan tangan daerah ini pada masa mendatang.

Peran berbagai pihak tersebut lanjutnya, sangat diharapkan dapat membantu meringankan beban pemerintah daerah, sehingga dunia pendidikan dapat semakin maju demi mewujudkan generasi yang memiliki SDM ke depannya. Gusmal berharap, melalui berbagai kegiatan dapat menghasilkan rekomendasi dari para tokoh dalam upaya memajukan pendidikan di Kabupaten Solok, baik pendidikan umum maupun agama.

Dijelaskann, saat ini dunia pendidikan Indonesia jauh tertinggal dari negara tetangga Malaysia dan Singapura. Sedangkan, jika menengok ke belakang era tahun 1970-an banyak generasi muda negeri Jiran seperti Malaysia dan Singapura yang belajar ke Minangkabau ini.

Padahal pendidikan merupakan sebuah faktor yang fundamental penentu keberhasilan pembangunan negara dan daerah. Ia juga yakin bahwa kepedulian masyarakat terhadap pendidikan di daerah masih tinggi demi mewujudkan generasi yang memiliki SDM yang mumpuni pada masa mendatang.

Gusmal akan terus mendukungnya  hal itu sesuai dengan Misi Kabupaten Solok dalam mewujudkan masyarakat yang Madani. Karena menurutnya misi itu tidak hanya sekadar simbol tapi hendaknya dapat diwujudkan secara jelas dan nyata.

Bupati Solok, juga menekankan pengembangan dunia pendidikan merupakan tanggungjawab bersama. Ia juga berharap dukungan dari bebragai pihak akan dapat lebih memaksimalkan upaya untuk mewujudkan dunia pendidikan yang lebih baik. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional