Close

Sekolah Tetap di Rumah Saja, di Kota Padang, DPRD Minta Guru Buat Terobosan

BELAJAR DI RUMAH— Seorang siswi kelas V SDN Percobaan Ujung Gurun, menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru sekolah dari rumah, saat Dinas Pendidikan Kota Padang masih memberlakukan PBM secara daring.

AZIZ CHAN, METRO–Pemerintah belum berencana mem­buka kembali aktivitas belajar mengajar secara tatap muka di sekolah dalam waktu dekat. Kepala Bidang (Ka­bid) Dikdas Dinas Pendidikan Kota Padang, Syafrizal Syair meng­ung­kapkan Disdik memastikan Pro­ses Belajar Mengajar (PBM) pelaksanaanya ma­sih online atau belajar di rumah saja.

“Masih belum ada pe­ru­bahan kebelajar tatap mu­ka di sekolah. Apalagi PPKM diperpanjang sampai 2 Agustus,” ujar  Syafrizal, Senin (26/7).

Ia mengatakan, jika PBM beralih ke tatap muka, situasi daerah mesti aman zonanya dahulu dan kasus corona nihil. “PBM tatap muka perlu kajian matang serta rekomendasi dari wako harus ada,” ucap Syafrizal, mantan Kepala SMP N 7 Padang ini.

Dikatakan, Disdik Pa­dang tidak mau gegabah da­lam penerapan PBM ta­tap muka dan akan komu­nikasi dengan semua pihak yang ada. Termasuk me­nanti arahan dari peme­rintah pusat. Untuk dike­tahui Kementerian Pendi­dikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah me­mas­tikan bahwa 94% siswa di Indonesia masih akan belajar dari rumah imbas pandemi virus corona.

“Kita tak ingin klaster baru muncul akibat PBM di sekolah. Kita minta peserta didik menjalani PBM daring dengan baik,” paparnya.

Untuk saat ini, belajar secara daring masih akan menjadi preferensi utama pemerintah. Meski menga­kui bahwa masih banyak kelemahan, namun sistem belajar ini menjadi solusi paling aman dari penu­laran.

Ia meminta kepada wali murid agar berperan aktif dalam proses belajar daring ini serta persiapkan segata sesuatunya. Su­paya anak bisa ikut dan ketinggalan pelajaran.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Padang, Azwar Siry mendukung pene­ra­pan PBM daring dan me­min­ta kepada majelis guru mem­buat terobosan baru da­lam pelaksanaan belajar online. Supaya anak tidak jenuh dan bosan.

 Disdik harus konsep PBM daring secara ma­tang,” ujar kader Demokrat ini. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top