Menu

Sekolah Tatap Muka Juli 2021, Padang Tunggu Perkembangan Corona

  Dibaca : 117 kali
Sekolah Tatap Muka Juli 2021, Padang Tunggu Perkembangan Corona
Habibul Fuadi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang

AZIZ CHAN, METRO
Pemerintah memastikan sekolah tatap muka akan dimulai pada Juli mendatang. Rencana ini akan direalisasikan usai guru, dosen, dan para tenaga pendidik lainnya selesai mendapat vaksinasi corona.

Meski demikian, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang masih menanti kebijakan pemerintah pusat dan Wali Kota Padang untuk mekanisme pembelajaran tatap muka normal tersebut.

Kepala Disdik Kota Padang Habibul Fuadi, Senin (1/3) menyampaikan, Disdik tentu menanti arahan dari Mendikbud RI dan pimpinan daerah tentang hal itu serta melihat perkembangan kasus Covid-19 di Kota Padang.

“Apabila kasus virus corona hilang dan kondisi telah pulih lagi dan instruksi ada, proses belajar tatap muka tentu bisa dilakukan untuk semua tingkatan sekolah,” ujar Habibul.

Sementara untuk persiapan belajar tatap muka, menurut Habibul, Disdik menjalani apa yang telah berjalan sekarang. Tak ada persiapan khusus. Untuk sarana dan prasarana pendukung telah clear semua. Baik lokal dan lainnya serta SDM atau tenaga pendidiknya, baik itu tingkat SD dan SMP.

“Untuk saat ini Kota Padang kan sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka, namun masih satu shift,” sebut mantan kepala BKPSDM Padang ini.

“Kita ingin proses belajar tatap muka digelar seperti yang telah dijalankan sebelum corona muncul. Supaya kemajuan pendidikan terwujud dan karakter anak lebih bermutu lagi,” lanjutnya.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Padang, Azwar Siry menyampaikan pembelajaran tatap muka harus dilakukan, karena jika dilakukan secara daring hasilnya tidak maksimal. ”Kita tentu mendukung hal itu dan bersyukur jika diterapkan nanti,” ujar kader Demokrat.

Ia juga meminta Disdik membuat konsep yang matang. Agar prosesnya berjalan baik dan perubahan pendidikan terlihat.

Untuk diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan, nantinya kegiatan belajar tatap muka tidak sepenuh 100%. Kegiatan belajar tatap muka akan dilakukan dengan sistem rotasi dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Nadiem mengemukakan, vaksinasi Covid-19 akan diprioritaskan untuk tenaga pendidik mulai dari Sekolah Dasar (SD), PAUD, Sekolah Luar Biasa (SLB), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Keujuran (SMK), hingga perguruan tinggi.

Sedangkan Satgas Penanganan Covid-19 juga tengah menggodok standar operasional prosedur (SOP) pembukaan kembali sekolah tatap muka yang rencananya akan dimulai pada Juli 2021.

Pemerintah tengah melakukan persiapan yang meliputi perlengkapan penunjang protokol kesehatan, seperti masker, handsanitizer, tempat cuci tangan, serta akses menuju sekolah agar tak mengakibatkan kerumunan. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional