Menu

Sekolah Padek Sambangi SMA Nan Sabaris

  Dibaca : 258 kali
Sekolah Padek Sambangi SMA Nan Sabaris
Edi Tyawarman Kepala SMA Nan Sabaris

PADANG, METRO
Setelah sukses melaksanakan rangkaian kegiatan workshop jurnalistik di SMA Batang Anai dan SMK 2 Pariaman, tim Sekolah Padek Sabtu esok (7/3) menyambangi SMA 1 Nan Sabaris di Pauh Kambar, Padangpariaman.

Kepala SMA 1 Nan Sabaris, Edi Tyawarman menyambut antusias rencana kegiatan tersebut. Pihaknya sudah membentuk panitia kegiatan, menyiapkan teknis acara dan siswa-siswa yang dikirim khusus untuk kegiatan workshop.

“Siswa yang akan ikut sebenarnya sangat banyak, tetapi karena kapasitas yang tersedia dan menjadi rukukan Sekolah Padek sebelumnya, kami hanya bisa mengikutkan 100 siswa. Mereka yang berminat di kegiatan tulis menulis, pengurus OSIS dan siswa berprestasi akademik utusan Kelas X, XI dan XII,” ujar Edi.

Setelah mengetahui adanya launching Sekolah Padek Februari di SMA Batang Anai, serta mengikuti informasi tentang program yang disampaikan Tim Sekolah Padek, Edi Tyawarman menyebut sejak itu ia bermiat segera membawanya ke sekolah yang ia pimpin. Justru itulah ia sengaja datang ke SMK 2 Pariaman, untuk mengikuti kegiatan secara langsung.

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan, ia langsung meminta persetujuan pada Kacabdin Wilayah II, Dinas Pendidikan Sumbar, Suindra. “Gayung bersambut, beliau merespons positif dan memberi izin. Saya lanjutkan pembicaraan dengan tim Padek. Semuanya lancar hingga kami siapkan secara matang,” tambahnya.

Sebagai pimpinan sekolah Edi Tyawarman menambahkan, apa yang dilakukan Tim Padek sangat sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan, yakni kecakapan literasi serta pengembangkan pendidikan karakter. Materi hampir satu hari tidak hanya diisi dengan teoristis saja tetapi sampai praktik.

“Ini benar benar pelatihan. Tak hanya mengajarkan siswa menulis, motivator pun diberikan. Plus pendidikan literasi perbankan yang tentunya penting bagi siswa dalam menjalani kehidupan ke depan. Tim sekolah padek pun bukan wartawan kemaren sore, rata rata sudah pengalaman puluhan tahun di dunia jurnalistik, bahkan sebagian sudah pernah jadi Pimpinan Redaksi. Walau usia mereka muda muda,” ulasnya.

Penanggung jawab Sekolah Padek edisi SMA 1 Nan Sabaris Heri Sugiarto menyebut, tingginya antusias siswa Nan Sabaris persis sama dengan sekolah sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa konsep dan program yang disusun sesuai kebutuhan. Meski demikian tim tetap berbenah untuk kualitas dan variasi program. Khusus di Nan Sabaris karena siswanya sebagian besar berada di lingkungan wisata Tiram dan Ulakan maka pihaknya mengundang khusus pelaku wisata sekaigus motivator enterpreneur, Ridwan Tulus.

“Kakanda Ridwan Tulus menyatakan bersedia. Kami sangat berterimakasih, meski kelasnya sudah nasional tetapi masih mau turun untuk kegiatan lokal. Mudah mudahan tak ada halangan dan beliau bisa berbagi untuk kita semua,” ujar Heri yang pernah sebagai Pemimpin Redaksi Padang Ekspres hampir empat tahun. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional