Menu

Sekolah harus Hati-hati Tetapkan Biaya Pendidikan

  Dibaca : 48 kali
Sekolah harus Hati-hati Tetapkan Biaya Pendidikan
Ganefri

AIR TAWAR, METRO  – Ketua Dewan Pendidikan Kota Padang yang juga Rektor UNP, Ganefri mengatakan, pihak sekolah harus hati-hati dalam menetapkan biaya pendidikan di sekolah. Kepala sekolah harus ikur campur menetapkan besaran biaya agar tak memberatkan orang tua.

”Walau itu biaya yang ditetapkan komite, yang jelas kepala sekolah harus hati hati. Jangan sampai biaya yang ditetapkan itu memberatkan sebagian orang tua,” sebut Ganefri kemarin.

Ia mencontohkan untuk biaya komite di MAN 2 yang mencapai Rp2,5 juta. Meski itu sekolah dibawah naungan Kemenag, namun seyogyanya pihak pihak terkait sebut Ganefri harus melihat pula kondisi masyarakat sekarang. Dengan dana sebesar itu, menurutnya terlalu besar. Dan pasti ada orang tua murid yang tak sanggup membayar.

”Sebelum menetapkan biaya, hendaknya lihat juga kondisi masyarakat. Untuk sekarang, komite Rp2,5 juta itu cukup mahal. Makanya pihak sekolah harus hati-hati dan memperhitungkan,” tegas Ganefri.

Dikatakan, kebijakan pendidikan yang memberatkan orang tua menurutnya bertentangan dengan tugas pemerintah di bidang pendidikan. Bahwa penyelenggaraan pendidikan itu menjadi tanggung jawab pemerintah.

Agar tak ada lagi masalah dikemudian hari terkait persoalan uang komite, ke depan sebut Ganefri lagi, antara pihak sekolah dengan semua orang tua murid harus terjalin komunikasi yang positif. Sehingga tak ada yang dirugikan atau yang terberatkan. Semua keputusan diambil dengan pertimbangan yang matang, bukan sebelah pihak. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional