Menu

Sekolah Beruk di Pariaman masuk Nominasi Desa Wisata Nusantara

  Dibaca : 65 kali
Sekolah Beruk di Pariaman masuk Nominasi Desa Wisata Nusantara

PARIAMAN, MERO – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meninjau sekolah tinggi ilmu beruk (STIB) yang terletak di desa wisata Apar, Kota Pariaman, Sumatera Barat karena daerah itu masuk sebagai nominasi 25 desa wisata nusantara.

“Penilaiannya banyak, di antaranya ada keindahannya dan keunikannya. STIB ini termasuk unik karena tidak ada di daerah lain,” kata Kasubdit Sarana dan Prasarana Traportasi Desa Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT Gusti saat memverifikasi desa wisata Apar Pariaman, Rabu.

Dikatakan, keunikan tersebut yang harus dikembangkan untuk memperkenalkan desa ke kancah nasional dan internasional guna meningkatkan pendapatan.

Menurutnya dengan pengelolaan yang baik maka objek wisata yang dikembangkan oleh desa tersebut dapat menjadi sumber pendapatan warga dan desa.

Oleh karena itu, lanjutnya pemerintah pusat meminta desa untuk menggali potensi wisata yang ada di desa sehingga diharapkan nantinya setiap desa memiliki objek wisata.

“Sekarang kan pendapatan terbesar ke dua kita dari sektor wisata, jadi kalau banyak wisata maka pendapatannya juga semakin besar,” katanya.

Ia menyebutkan penilaian desa wisata nusantara terbaik yaitu mulai dari potensinya, data yang disampaikan mulai dari jumlah pengunjung dan pendapatan untuk desa.

“Yang terpenting itu pendapatan untuk desa karena tujuannya wisata kan untuk menghidupkan badan usaha milik desa dan meningkatkan pendapatan desa, ” katanya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional