Menu

Sekjen PSSI Mundur Mendadak, Tiga Fakta Keberadaan Ratu Tisha Destria di PSSI

  Dibaca : 333 kali
Sekjen PSSI Mundur Mendadak, Tiga Fakta Keberadaan Ratu Tisha Destria di PSSI
Ratu Tisha Destria Sekjen PSSI

JAKARTA, METRO
Ratu Tisha Destria telah menyatakan mundur dari jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI pada Senin (13/4). Ia menyampaikan langsung keputusan pengunduran diri di akun Instagram pribadi. “Hari ini, Senin (13/4), melalui surat, saya telah resmi mengundurkan diri dari posisi Sekretaris Jenderal PSSI,” kata Ratu Tisha Destria.

“Saya bersyukur pernah meraih kesempatan bekerja untuk melayani anggota PSSI, pemain, pelatih, wasit, match commissioner, instruktur dan para pencinta sepak bola sejak 17 Juli 2017,” ujar Ratu Tisha.

“Sebuah kebanggaan yang tidak dapat terwujud tanpa dukungan Pengurus dan anggota PSSI, Pemerintah dan stakeholder sepak bola, termasuk kamu, setiap individu yang sedang mendengarkan pesan ini. Jangan pernah berhenti untuk mendukung sepak bola Indonesia,” ucap Ratu.

Alasan pengunduran diri Ratu Tisha dari jabatannya terbilang tak terlalu jelas. Namun, belum lama ini ia mendapat kritikan saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi X DPR RI dengan PSSI (8/4).

Kritikan itu secara khusus datang dari anggota DPR RI sekaligus mantan ketua PSSI 2011-2015, Djohar Arifin. Djohar Arifin mengaku kecewa dengan Ratu Tisha Destria karena tidak diberikan akses duduk di bangku VIP saat Timnas Indonesia tampil di SEA Games 2019 Filipina. Selama menjabat Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria berhasil membuat beberapa catatan bagus. Namanya pun terbilang cukup populer dan disukai kalangan suporter tanah air.

Ratu Tisha Destria merupakan sosok wanita pertama yang menduduki jabatan Sekretaris Jenderal PSSI. Ia menduduki jabatan tersebut pada 2017 setelah lolos fit and proper test. Wanita lulusan ITB ini juga pernah mengikuti kursus yang diadakan FIFA.Ratu Tisha juga menjadi sekjen dengan tiga ketua yang berbeda. Ia pernah mengalami dipimpin Edy Rahmayadi, Djoko Driyono (plt) dan Mochamad Iriawan. Ia pun terlibat aktif dalam terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Ratu Tisha Destria juga merupakan wanita pertama yang menjadi Wakil Presiden AFF. Ia terpilih menempati posisi tersebut dalam Kongres Luar Biasa AFF di Laos, 22 Juni 2019. Tisha bertandem dengan Pangeran Sufri Bolkiah (Presiden Federasi Sepak Bola Brunei Darussalam), Lim Kia Tong (Presiden Federasi Sepak Bola Singapura), dan Dato Sri Francisco Kalbuadi Lay (Timor Leste) yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden AFF. Masa bakti Tisha sebagai Wakil Presiden AFF terhitung sejak 2019-2023.

Respon Menpora
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali merespons mundurnya Ratu Tisha Destria dari kursi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI. Ratu Tisha mendadak meninggalkan jabatannya sebagai Sekjen PSSI pada Senin (14/4). Wanita berusia 34 tahun ini disebut akan berkarier di tempat lain. Zainudin berharap, kepergian Ratu Tisha tidak mengganggu persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dia juga berjanji tidak akan mengintervensi PSSI setelah keputusan tiba-tiba tersebut.

“Pemerintah berharap apapun yang terjadi di dalam internal organisasi PSSI tidak memengaruhi persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, baik dari sisi persiapan tim nasional maupun penyelenggaraan,” ujar Zainudin.

“Pemerintah berharap soliditas internal PSSI tetap terjaga,” kata politikus Partai Golkar berusia 57 tahun tersebut.

Sampai Senin malam, Zainudin menerangkan bahwa pihaknya belum menerima pemberitahuan secara resmi dari PSSI menyusul pengunduran diri Ratu Tisha.”Saya belum mendapatkan informasi yang jelas dan resmi dari PSSI,” jelas Zainudin.

Ratu Tisha menarik diri dari pos Sekjen PSSI setelah mengabdi sejak Juli 2017 pada era kepemimpinan Edy Rahmayadi. PSSI sejauh ini belum memastikan pengganti wanita asal Serang, Banten tersebut. (*/boy)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional