Close

Sekda: Pemkab Padangpariaman Berjalan Ekonomis

ekretaris Daerah Kabupaten Padangpariaman Rudy Repenaldi Rilis, kemarin, pimpin apel gabungan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman.

PDG.PARIAMAN, METRO–Sekretaris Daerah Ka­bupaten Padangpariaman Rudy Repenaldi Rilis, kemarin,  pimpin apel gabu­ngan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pa­dangpariaman. Sekda me­nyebutkan tentang peran sentral Inspektorat seba­gai perangkat daerah yang menajalankan fungsi pe­ngawasan daerah.

Katanya, pengawasan tersebut ditujukan untuk menjamin agar pemerintah daerah berjalan secara ekonomis, efisien dan efektif serta berkesinambu­ngan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan agar tercapai­nya tujuan otonomi daerah yaitu mewujudkan kesejahteraan masyarakat me­lalui peningkatan mutu pelayanan, pemberdayaaan dan peran serta masya­rakat serta daya saing daerah.

“Saat ini Inspektorat dalam penilaian Kapabilitas APIP menuju level III, ta­hapan demi tahapan telah kita lalui, semoga kita bisa mewujudkan Kapabi­litas APIP level III,” ujar­nya.

Selanjutnya Pemkab katanya,  juga akan menuju Maturitas SPIP level III terintegrasi, pada tahun 2022 nanti.  “Berkaitan de­ngan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keua­ngan (BPK) kita juga butuh dukungan dari seluruh pe­rangkat daerah terkait, ka­rena persentase penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK menjadi salah satu indikator pencapaian kinerja pemerintah daerah,” ujarnya.

Ia menambahkan da­lam penilaian SAKIP Kabupaten tahun 2021 kita berharap akan mengalami peningkatan dari tahun 2020 lalu dengan target Nilai A,

Saat ini lanjutnya,  juga sudah melakukan peni­laian internal terhadap Disdukcapil untuk Zona Inte­gritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).  “Untuk mewujudkan semunya itu butuh dukungan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah, karena bersama kita bisa, dan kita bisa bersama sama,” terangnya

Rudy tidak lupa mengingatkan agar seluruh ASN dan perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman harus ikut berperan aktif untuk terus melakukan sosialisasi terkait program vaksinasi dan bagi yang belum melaksanakan vaksinasi agar segera di vak­sin.

“Kabupaten Padangpariaman saat ini masih berada pada level bawah dalam pelaksanaan vaksinasi yakni masih mencapai 21,39 persen, sehingga masih diperlukan usaha yang lebih untuk pencapaian vaksinasi ini. Sangat dibutuhkan kerjasama dan koordinasi berbagai pihak sehingga capaian vaksinasi lebih meningkat,” sambungnya

Sekretaris Daerah juga memberikan apresiasi kepada DPMD Kabupaten Padangpariaman dan seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari Serentak di 29 Nagari Se-Kabupaten Padangpariaman.

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada DPMD Kabupaten Padangpariaman dan seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Wa­li Nagari Serentak di 29 Nagari se Kabupaten Pa­dangpariaman, alhamdulillah telah berjalan lancar dan sukses, tanpa ada riak-riak yang berarti di lapa­ngan,” jelasnya.

Lebih lanjut sekda juga menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Pa­dang­pariaman telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2021 tentang Pakaian Dinas ASN di Lingkungan Peme­rintah Kabupaten Padangpariaman, hendaknya ASN mematuhi aturan tersebut demi terciptanya kesera­gaman dan kedisiplinan dalam memakai atribut sesuai aturan yang berlaku. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top