Close

Sekda Pasaman Gelar Bimtek SAKIP

PEMBUKAAN— Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hasrizal, S. Sos saat membuka kegiatan bimbingan teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

PASAMAN, METRO–Sekretariat Daerah Ka­bu­paten Pasaman (Bagian Organisasi) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari tanggal 13 hingga 14 Juli 2022, bertempat di Hotel Arumas Lubuk Sikaping. Pada agenda ini, para peserta bimbingan teknis adalah pegawai yang bertanggungjawab mengelola SAKIP dimasing-masing perangkat da­erah, yakni sebanyak 36 (tiga puluh enam) orang.

Adapun narasumber­nya, yaitu Widyaiswara dari BPSDM Provinsi Su­matera Barat dan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pasaman.

Bupati Pasaman, Benny Utama dalam sambutannya, yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kes­ra, Hasrizal, S. Sos., menyatakan bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keua­ngan dan Kinerja Instansi Pemerintah, yang mengamanatkan bahwa dalam rangka mempertanggungjawabkan pelaksanaan AP­BD, instansi pemerintah wajib menyusun laporan keuangan dan laporan kinerja. Oleh sebab itu maka perangkat daerah harus mampu mengelola dan mem­pertanggungjawabkan ki­nerjanya secara akuntabel dan lebih baik.

Hasrizal juga berharap, agar peserta bimtek serius dan disiplin dalam me­ngikuti semua rangkaian kegiatan, dan nilai SAKIP Kabupaten Pasaman Ta­hun 2022 akan meningkat dibanding tahun 2021. “Hal ini bukan tanpa alasan, sebab perencanaan pemerintah Kabupaten Pasaman sudah masuk yang terbaik di Provinsi Suma­tera Barat, dan pegawai­nya juga dibekali dengan kompetensi yang dibutuhkan melalui bimbingan teknis yang dilaksanakan hari ini dan besok,” jelas Hasrizal.

Sehubungan dengan hal tersebut, peserta bim­bingan teknis harus mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat selama mengikuti bimtek dalam pengelolaan SAKIP sehingga nilai kinerja masing-masing perangkat daerah akan meningkat dan mu­aranya tentu pada pe­ningkatan nilai kinerja Pemerintah Kabupaten Pasaman.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, kerja tim harus dikedepankan, jika ada kita yang merasa hebat maka sumbangkanlah hebat kita tersebut untuk pencapaian kinerja tim,” tutup Hasrizal.

Pada kesempatan ter­pisah, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi, SH, M. Si., mengungkapkan, bahwa nilai SAKIP Pemerintah Kabupaten Pasaman tahun 2020 yakni 61,38 (Predikat B), tahun 2021 yakni 61,62 (Predikat B). “Kita optimis, dengan komitmen dan dukungan perangkat daerah di lingku­ngan Pemerintah Kabupa­ten Pasaman, nilai SAKIP tahun 2022 akan meningkat, sesuai harapan kepala daerah,” ungkap Ricky Ris­wandi. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top