Close

Sekda Kabu­paten Sijunjung Tinjau Infrastruktur Rusak Akibat Bencana, Perbaikan segera Dilakukan karena Menyangkut Akses Masyarakat

TINJAU— Sekda Zefnihan didampingi BPBD dan Dinas PUPR Sijunjung meninjau infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang di Kecamatan Tanjung Gadang.

SIJUNJUNG, METRO–Sekretaris Daerah Kabu­paten (Sekda) Sijunjung Zefni­han AP MSi meninjau sejumlah ti­tik lokasi yang terdampak aki­bat luapan air sungai di Nagari Sibakur dan Langki di Keca­matan Tanjung Gadang.  Pe­nin­jauan dilakukan pada infras­truk­tur yang rusak akibat ter­dam­pak bencana luapan air su­ngai seperti jalan, jembatan dan pasar Nagari Sibakur.

“Ada beberapa infrastruk­tur dan akses masyarakat yang terdampak. Jadi kita di­su­ruh Bupati untuk mengecek lang­sung kondisinya, untuk me­nentukan tindakan apa yang perlu dilakukan selanjut­nya. Sehingga yang rusak tidak berlarut dan menganggu akti­fitas masyarakat,” tutur Sekda Zefnihan.

Pada peninjauan itu, Sekda didampingi Kepala BPBD Henry Chaniago, Kadis Sosial Yofri­tas, Sekretaris Dinas PUPR Sarwo Edi, Kabag Protokoler Aprizal Can dan Kabag Umum Mulyadi. “Kita turun kela­pangan langsung membahas teknis untuk proses pem­ba­ngu­nan infrastruktur yang ru­sak. Jadi kita bawa langsung dinas terkait,” ujar Zefnihan, Selasa (2/11).

Infrastruktur yang rusak tersebut seperti akses jalan dan jembatan menuju pasar Langki. Peninjauan langsung didampingi Camat Tanjung Gadang dan walinagari. “To­long kepala BPBD dan Dinas PUPR untuk segera menger­ja­kan proses perbaikan ini. Kita usa­hakan ini harus cepat dilak­sa­nakan karena menyang­kut akses masyarakat banyak. Jangan terlalu lambat pengu­ru­san administrasinya,” kata Zef­ni­han.

Pihaknya mengimbau kepa­da masyarakat agar tetap was­pada terhadap terjadinya ben­cana alam, mengingat kondisi cuaca dengan curah hujan yang tinggi. “Tetap waspada dan saling membantu dengan se­sama, jika ada kejadian bencana silahkan masyarakat menghu­bungi BPBD,” imbau Zef­nihan.

Kepala BPBD Sijunjung, Hen­ry Chaniago mengatakan bah­wa kejadian luapan air su­ngai terjadi pada Minggu (31/10) kemarin. Luapan sungai Ba­tang Sibakur menggenangi ru­mah warga dan pasar Nagari Si­ba­kur. Selain itu, jembatan me­nuju pasar Nagari Langki me­ngalami rusak dan tidak bi­sa dilewati akibat dihantam banjir.

“Personel BPBD Sijunjung bersama masyarakat telah me­lakukan pembersihan lum­pur dan material banjir di ka­wasan perumahan warga dan infras­truktur lainnya. Sekarang dila­kukan peninjauan akses yang ter­dampak untuk proses pem­bangu­nannya,” jelas Hen­ry. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top