Menu

Sejuta Pesona Pulau Pasumpahan Sajikan Keindahan Bawah Laut yang Masih Perawan

  Dibaca : 418 kali
Sejuta Pesona Pulau Pasumpahan Sajikan Keindahan Bawah Laut yang Masih Perawan

KETIKA anda mengunjungi Sumatera Barat tidak salahnya mengunjungi Pulau Pasumpahan ini, karena Pulau ini memiliki pesona wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Pulau Pasumpahan  di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan Internasional.

Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki objek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga. Pulau Pasumpahan memiliki potensi wisata bawah laut yang indah dan akan membuat Anda kagum. Kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang merupakan kawasan ekosistem terumbu karang.

Selain dari keindahan terumbu karang yang menjadi daya tarik para wisatawan, para pengunjung juga dapat menikmati ikan-ikan hias yang ada di daerah ini. Bagi kalian yang suka dengan olahraga diving, pulau ini juga menjadi rekomendasi tempat yang wajib untuk Anda dikunjungi.

Hamparan pantai putih ini berpadu denagan airnya yang sangat jernih dan menjadikan surganya wisatawan karena pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Pemandangan yang kita lihat di pulau ini memang berbeda. Yaitu warna air lautnya jika kita lihat dari atas maka air yang d tepi pantai sangat jernih, semakin ketengah air nya berwarna hijau dan semakin ketngah lagi akan berwarna biru seiring mengikuti kedalaman laut di Pasumpahan ini.

Bagi yang sangat hobi dengan snorkeling bisa menikmati keindahan bawah laut yang sampai sekarang masih terjaga keindahannya. Fasilitas yang di berikan Pulau Pasumpahan ini memang banyak macamnya dan sangat menarik untuk kita coba. Di antaranya adalah Volly Pantai, Tempat bersantai, Mushola, toilet umum, tempat bersantai, tempat berfoto yang sangat menarik dan masih banyak lainnya. Oleh sebab itu anda bisa mengabadikan momen yang sangat berharga ini di pulau ini bersama teman dan keluarga pada saat liburan.

Fasilitas Pulau Pasumpahan lainnya adalah terdapatnya bukit dengan ketinggian sekitar 100 meter yang ada di pulau ini. Ini akan menjadikan momen yang tak terlupakan bersama orang terdekat. Yang tak kalah indahnya kita dapat menyaksikan keindahan Pulau Pasumpahan dari atas ketinggian dengan pemandangan yang sangat indah.

Pulau Pasumpahan ini sangat banyak di kunjungi mulai dari wisatawan mancanegara maupun lokal, terutama muda mudi yang ingin mengambil foto dengan latar belakang pantai yang indah. Biasanya mereka datang pada saat liburan. Akan tetapi di hari biasapun pengunjung pulau ini juga bnayak di kunjungi.

Sejarah Pulau Sirandah

Pulau Pasumpahan dengan alam yang menakjubkan ini memang terdengar seperti sebuah pulau dengan suatu ikatan sumpah. Nama Pasumpahan sendiri memang diambil dari kata “sumpah”. Namun ada beberapa versi rumor yang beredar di tengah masyarakat terkait asal-usul Pulau Pasumpahan ini.

Ada yang mengatakan legenda Si Boko anak durhaka yang ceritanya lebih mirip dengan legenda Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang. Namun ada juga warga sekitar yang menyebut pulau Pasumpahan ini adalah jelmaan dari Malin Kundang itu sendiri. Dari berbagai rumor tersebut, fakta yang ada sekarang adalah pulau ini memenuhi ikrarnya sebagai anugerah terindah bahari dari Tuhan Yang Maha Esa. Yang kita semua berhak untuk menikmatinya dan wajib menjaga kelestariannya.

Akses ke Pulau Pasumpahan

Untuk akses dan lokasi Pulau Pasumpahan letaknya ada di Perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang Sumatera Barat. Dan bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini bisa dengan dua cara yaitu dengan menggunakan paket One Day Trip dan Backpacker.

Bagi wisatawan yang ingin memilih paket One Day Trip berkisar dengan harga 250-350 ribu per orang dna harga ini tergantung denagn fasilitas yang di dapatkan. Jika dengan paket ini kita akan lebih mudah ke lokasi dan cepat untuk menikmati Pulau Pasumpahan dalam satu hari.

Dan wisatawan yang ingin memilih paket Backpacker dan sangat menyukai petualangan maka anda bisa mengunjungi Sei Pisang terlebih dahulu jaraknya sekitar 20 km dari Kota Padang. Dan dari Kota Padang kita menuju ke arah painan, dan d tengah perjalanan akan ada tanda yang menunjukkan arah Sei Pisang. Setelah itu kita akan menempuh perjalanan sekitar 4 km.

Dan setelah tiba di Sei pisang, maka untuk menuju Pulau ini kita dapan menyewa perahu yang telah di sediakan. Dengan harga 35-50 ribu/orang pulang pergi. Dan setelah tiba maka kita akan membayar biaya masuk sebesar Rp 15.000 per orangnya.

Daya Tarik

Meskipun belum ada hotel di pulau Pasumpahan. Namun daya tarik pulau satu ini sangat memukau dengan aneka ragam aktifitas seru yang bisa dilakukan. Karena kecantikan pulau ini, tentu saja menjadi moment yang tidak bisa terlupakan. Tidak hanya para wisatawan saja, tetapi para investor juga tengah mengincar pulau ini beserta pulau kecil disekelilingnya seperti Pulau Sirandah yang kabarnya mendatangkan investor dari gabungan beberapa negara.

Pulau Pasumpahan ini mempunyai luas sekitar 5 hektar dan mempunyai hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut yang jernih. Ada hal menarik disini, bentuk permukaan laut pulau ini seperti terbagi jadi tiga bagian warna air, warna bening di bagian tepi, warna hijau di depannya dan agak berwarna biru ke bagian tengah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kedalaman dan keanekaragaman ekosistem laut di sekitar pulau.

Pohon kelapa yang tumbuh subur di pulau Pasumpahan membuat kenyamanan sendiri sambil duduk santai atau mendirikan kemah, mungkin juga hanya jalan-jalan di sepanjang pantai. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional