Close

Sejarah Pergerakan Kemerdekaan Indonesia, Sumpah Pemuda jadi Tonggak Utama

PDG.PARIAMAN, METRO–Pemerintah Kabupaten Padangpariaman menggelar upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022. Upacara dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Padangpariaman di kawasan IKK Paritmalintang, pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pa­dangpariaman Suhatri Bur. Kemudian Komandan u­pacara Fevi Indra Kanit Babin Kamtibmas Polres Padangpariaman dan Feri Yuzaldi Kapolsek 2×11 E­nam Lingkung sebagai per­wira.

Untuk personil penggerek dan pengibar bendera merah putih Rifki Ananda Putra siswa SMAN 1 2×11 Enam Lingkung, Fadilah Parlin siswa MAN 1 Padangpariaman, dan Afdal Zikri dari SMAN 1 Lubuk Alung, serta Korsik Poltek KP Kampung Dalam Padangpariaman.

Kemudian kolaborasi Irma Wida Putri dan Yasrendel Joni Putra dari DPD KNPI pembaca naskah Kongres Pemuda Indonesia 1928, diiringi oleh 34 pasang berpakaian adat dari 34 provinsi di Indonesia merupakan gabungan pelajar SMP se Kabupaten Padangpariaman.

Upacara peringatan Sum­pah Pemuda tahun ini dipandu oleh MC Dila A­melia, tenaga profesional bagian Prokopim Setdakab dan Rischa Dianis Staf Bagian Hukum bertindak sebagai pembaca teks pembukaan UUD 1945. Dan terakhir rangkaian kegiatan upacara ditutup dengan doa yang dipimpin Kasu­bag Tata Usaha Kankemenag Padangpariaman Mu­khlis M.

Pada kesempatan itu, Bupati Suhatri Bur me­nyampaikan, sumpah pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah per­gerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi sema­ngat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Makanya dia berharap kepada seluruh generasi muda, melalui peringatan hari sumpah pemuda ini dapat dijadikan sebagai momentum meningkatkan semangat untuk bergerak dan mengembangkan potensi yang ada untuk kejayaan bangsa dan dae­rah.

“Momen ini kita jadikan sebagai upaya menghadirkan sejarah masa lalu, sehingga bisa menjadi inspirasi dalam pergerakan,” tuturnya saat menyampaikan pidato dalam upacara tersebut.

Meskipun sedikit di­guyur hujan ringan, pro­sesi upacara tetap berlangsung khidmat dan berjalan sukses sampai akhir sebagaimana mestinya. Diikuti oleh unsur Forkopimda, seluruh pejabat, dan ASN dilingku­ngan Peme­rintah Kabupaten Padang Pariaman. Kemudian di barisan peserta juga diramaikan oleh TNI/Polri Ormas dan OKP, Pramuka dan kelompok masyarakat lainya. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top