Menu

Sejak Ditangani Shin Tae-yong, Rapor Pemain Timnas Tidak Buruk

  Dibaca : 536 kali
Sejak Ditangani Shin Tae-yong, Rapor Pemain Timnas Tidak Buruk
SAKSIKAN— Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, menyaksikan laga PSM Makassar kontra Kaya FC-Iloilo pada laga Piala AFC di Stadion Madya.

JAKARTA, METRO
Pandemi virus corona (Covid-19)memaksa Shin Tae-yong untuk berhenti bekerja. Peran sebagai manajer Timnas Indonesia yang baru digelutinya selama empat bulan terganggu akibat penyakit menyeramkan tersebut.

PSSI memutuskan untuk menghentikan aktivitas sepak bola di Indonesia, termasuk kegiatan timnas, tanpa batas waktu. Awal bulan ini, pelatih berusia 51 tahun ini memilih untuk pulang kampung ke Korea Selatan.

Saat ingin mudik ke Negeri Ginseng, Shin Tae-yong mendapat kabar tidak sedap. Satu asistennya, Gong Oh-kyun, didiagnosis terpapar COVID-19. Belakangan, statusnya menjadi negatif setelah dites ulang.

Selama empat bulan menukangi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah menggelar tiga pemusatan latihan untuk dua level timnas; U-19 dan senior.

Dia menggeber Timnas Indonesia dalam TC di Cikarang, Bekasi dan Chiang Mai, Thailand pada Januari lalu. Pada Februari 2020, giliran jatahnya timnas senior.

Khusus untuk Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong membuat rapor bagi Bagas Kaffa dan kawan-kawan. Kualitas para pemain disebutnya tidak buruk.

“Skill individu para pemain tidak buruk,” ujar Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan, DongA.

Saat menggenjot Timnas Indonesia U-19 pada TC di Thailand, Shin Tae-yong rutin menggelar latihan dalam beberapa kali. Kebijakan ini diambilnya untuk memperbaiki fisik dan mental para pemain.

“Kondisi fisik tidak bisa secara cepat diperbaiki. Tapi saya yakin bahwa dua faktor itu, fisik dan mental, akan berkembang seiring dengan waktu,” jelasnya.

PSSI menargetkan Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final Piala Dunia U-20 2021. Mantan pembesut Korea Selatan ini menanggapinya dengan santai.

“Step by step. Tidak ada alasan untuk terburu-buru. Kami akan berkembang secara bertahap. Waktunya akan cukup,” imbuh Shin Tae-yong. (*/boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional