Menu

Seimbang antara Pemimpin dan Ulama, Sejak Subuh, Buya Mahyeldi sudah Berada di Masjid

  Dibaca : 202 kali
Seimbang antara Pemimpin dan Ulama, Sejak Subuh, Buya Mahyeldi sudah Berada di Masjid
TAUSIAH— Calon Gubernur Sumbar H Mahyeldi mengisi tausiah di Masjid Darul Ma’mur, Jorong Sungai Rotan Batu Taba, Kabupaten Agam.

AGAM, METRO
Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) H Mahyeldi Ansharullah SP tidak hanya sekadar pemimpin. Dia juga ulama yang terus berdakwah, meski benggol Wali Kota Padang berada di dadanya. Sejak Subuh, Buya—sapaan akrabnya, sudah berada di masjid-masjid yang berbeda setiap hari.

Kemarin, Buya Mahyeldi mengisi tausiah di Masjid Darul Ma’mur, Jorong Sungai Rotan Batu Taba, Kabupaten Agam. Masjid itu sekarang masih dalam masa pembangunan. Ketua Pengurus Masjid Darul Ma’mur Yusuf berterima kasih atas kedatangan Buya Mahyeldi ke masjid itu.

“Masjid ini murni dibangun dari dana jemaah, tidak ada sepeserpun dari pemerintah. Dan kami tidak memaksakan, tetapi kami lebih ke memberikan motivasi kepada kaum muslimin sekitar agar bisa sama-sama bersedekah. Terima kasih atas kedatangan Buya Mahyeldi ke masjid ini,” kata Yusuf.

Mahyeldi memberikan tausyiah dengan membahas Surah Al-Fatihah ayat 6-7. Dia berpesan kepada semua jamaah agar terus berada di jalan yang lurus. “Tunjuki kami jalan yang lurus,” kata Mahyeldi yang mengeluarkan ajakan untuk mentaati perintah Allah semata-mata dengan tujuan memperoleh surga Allah.

Mahyeldi menyebutkan, sebagai seorang ulama, meski sudah menjadi Wali Kota Padang, dia akan tetap memberikan tausyiah untuk warga di Sumbar. “Sama saja, sebagai Wali Kota atau Gubernur, saya akan tetap menjadi seorang dai,” kata Mahyeldi yang disebut-sebut sebagai kandidat Gubernur dengan elektabilitas tertinggi ini.

Usai dari Sungai Rotan Batu Taba, Agam, Mahyeldi juga berceramah di Surau Inyiak Djambek, Bukittinggi. Di sana, Buya Mahyeldi bicara bagaimana menjaga iman dengan baik. “Hendaknya kamu mengucapkan kalimat-kalimat yang baik,” kata Mahyeldi dalam tausyiah yang dihadiri masyarakat disana dan didominasi oleh emak emak itu.

Juru Bicara Mahyeldi-Audy, H Mulyadi Muslim menyebutkan, selama kampanye pun, Mahyeldi tak meninggalkan tugasnya sebagai seorang dai. “Dia selalu memilih memberikan tausyiah di lokasi yang didatangi. Karena itu sangat mudah membaur dengan masyarakat,” katanya.

Audy Peduli UMKM
Sementara Calon Wakil Gubenur (Cawagub) Sumbar Audy Joinaldy mengunjungi sejumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Payakumbuh. Bedasarkan pantuan, Audy bersama Muslimah United Four Mahyeldi-Audy (MU4MA) dan Channel Anggota Pemenangan Mahyeldi Audy (CAP M4U)  melihat langsung  Rumah Produksi Kue, Putri Minang. Kedatangan Audy disambut hangat oleh pemilik UMKM, Anidar.

Putri Minang menghasilkan beberapa produksi kue tradisional seperti bipang beras, bipang jagung, karabu saga, rakik kacang, rakik maco, bipang kacang dan lainnya.  Di tengah kunjungan tersebut, Audy juga  mencoba membuat serta mencicipi kue tradisional tersebut.

Sementara itu,  Anidar mengaku awal pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia membuat usahanya turun merosot. “Karena lockdown di beberapa provinsi tetangga, Medan. Akhirnya kue-kue di toko tersebut di bawa pulang kembali ke perusahaan. Saya saat itu mengalami kerugian,” ungkap Anidar.

Tahan banting, Anidar secara perlahan-lahan menghidupkan usaha kembalin agar bertahan dari badai pandemi. “Itu namanya hidup, roda itu terus berputar. Kini bangkit dikit demi sedikit sampailah sekarang ini,” terang Anidar.

Audy menyanjung kisah perjuangan Anidar. Ia mengatakan, perjuangan Anidar meraih asa perlu dicontoh bagi UMKM lainnya agar tetap bertahan di tengah wabah pandemi. “Beliau walau sudah berusia tua tetap semangat. Anak muda jangan kalah dengan beliau di saat corona,” tegas Audy.

Bedasarkan penelusuran, dinilai berhasil membangun ekosistem UMKM, Payakumbuh raih penghargaan Natamukti 2020 dari International Council for Small Business (ICSB).

Selain itu , Audy mengatakan perlu ada strategi dan daya juang yang tinggi agar bertahan di tengah pandemi Covid-19. “Perlu ada strategi bisnis agar bertahan di tengah Corona. Tetaplah memproduksi di tengah pandemic  jangan patah semangat orang tua aja bisa semangat,” sambung Audy.

Anidar berharap kepada pasangan Calon Gubenur (Cagub) dan Cawagub, Mahyeldi-Audy Joinaldy agar lebih memperhatikan para UMKM kedepannya. “Harapan ibu tentu dan tidak lain tidak bukan bantulah kami para usaha kecil-kecil ini. Mungkin itu untuk kedepannya lebih maju lagi dan lebih bisa meningkatkan usaha. Dan lebih laku,” harap Anidar.

Selain mengunjungi UMKM Putri Minang, Audy mengunjungi UMKM, Rara, Coba Rasa, Kue Kembar dan beberapa UMKM lainnya. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional