Menu

Segera Lakukan Inovasi Percepatan Pembangunan Kesehatan

  Dibaca : 350 kali
Segera Lakukan Inovasi Percepatan Pembangunan Kesehatan
BERSAMA— Wabup Zuldafri Darma foto bersama HKN, di halaman kantor Dinas Kesehatan. (chandra antoni/posmetro )

TANAHDATAR, METRO – Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019, Dinas Kesehatan Tanahdatar laksanakan berbagai kegiatan, seperti Apel Bersama, Senam Massal dan Permainan Tradisional Kim, dihalaman Kantor Dinas Kesehatan, Batusangkar, Selasa (12/11).

Di Apel Bersama, Wakil Bupati Tanahdatar H. Zuldafri Darma SH saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto menyebutkan, ada dua isu kesehatan utama yang harus segera dituntaskan terkait pembangunan SDM berkualitas sesuai arahan Presiden RI, yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN ini, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa JKN sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia. untuk itu, mari cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih adil dan merata,” ujar Wabup Zuldafri.

Wabup Zuldafri menyebutkan, pemerintah pusat telah melakukan pembangunan bidang kesehatan, memperjuangkan tiga pilar yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya JKN, melalui program unggulan kesehatan, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Nusantara Sehat (NS).

“Dalam pelaksanaan tata kelola pelaksanaan program, diminta pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan, dikelola secara baik, benar, bertanggung jawab, akuntabel, transparan dengan sistem monitoring evaluasi yang ketat,” ujar Zuldafri.

Wabup Zuldafri melalui momentum HKN 2019, mengajak semua pihak untuk berkonsentrasi segenap potensi kebersamaan untuk menitik beratkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad memajukan bangsa, menuju generasi Sehat Indonesia Unggul, mengisi 100 tahun Indonesia merdeka tahun 2045.

“Lakukan inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku sesuai amanat Presiden, khususnya dalam mengentaskan stunting, memperbaiki layanan kesehatan membenahi tata kelola BPJS kesehatan, penyediaan obat dan alat kesehatan lokal yang murah lagi berkualitas,” ujar Wabup Zuldafri.

Apel Bersama yang dihadiri Kadis Kesehatan Tanahdatar Yesrita Zenrianis, Kepala RSUD M. Ali Hanafiah Afrizal Hasan, seluruh Insan Kesehatan Daerah Tanah Datar serta tamu undangan lainnya itu, ditutup dengan penyerahan 2 Unit Ambulan oleh Wabup Zuldafri Darma kepada Puskesmas Rambatan I dan Puskesmas Pariangan. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional