Menu

Segera Distribusikan Bantuan!

  Dibaca : 889 kali
Segera Distribusikan Bantuan!
Donal Ardi

SAWAHAN, METRO
Anggota Fraksi Gerindra DPRD Padang, Donal Ardi meminta kepada Pemko Padang untuk berjelas-jelas dalam bantuan yang akan diberikan pada warga yang terdampak Covid-19.

Selain itu, ia berharap Pemko memberitahu, berapa jenis bantuan yang akan didistribusikan ke masyarakat.

Contoh terang Donal, bantuan beras 9 kg per jiwa belum clear pelaksanaannya, sekarang muncul lagi Rp200 ribu per jiwa akan dibagi. Ini kan membuat warga bingung. “Kita berharap pendistribusian bantuan pasti,” ujarnya, Senin (13/4).

Kemudian terang Donal, dalam penyaluran bantuan, Pemko harus jelaskan mekanismenya. Apakah melalui kelurahan, RW, RT atau langsung door to door. Jangan sampai sembako yang akan disebar menjadi polemik pula.

Lalu ungkap Donal, kepada Pemko Padang diminta segera menyerahkan bantuan pada warga. Jangan rapat-rapat juga lagi, sebab warga sudah lapar. “Kenapa belum juga ada realisasi ke warga? Jika timnya sudah ada, sebarkan saja lagi, jangan ditunda-tunda,” ucapnya.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang, Mastilizal Aye membenarkan hal itu dan meminta kepada Pemko Padang turunkan bantuan dengan secepatnya. Sehingga masyarakat tidak mengalami kesusahan dalam waktu yang lama dan bantuan segera dimanfaatkan.

Untuk penerima bantuan terang Aye, Wali Kota harus jelaskan siapa orangnya dan apa syaratnya, supaya warga paham dan perselisihan tak terjadi. “Jika perlu bagi rata semuanya bila cukup, demi keamanan dan menghindari keributan,” ungkapnya.

Sebelumnya, warga Kota Padang yang terdampak oleh Covid-19 diperkirakan mencapai 103.000 kepala keluarga (KK). Jumlah tersebut akan diupayakan mendapatkan bantuan sesuai dengan statusnya.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, saat ini ada sekitar 20 ribu KK penerima bantuan PKH dari pemerintah pusat akan mendapatkan bantuan Covid-19 dari pemerintah pusat sebesar Rp200 ribu per KK . Kemudian, Pemprov juga akan membantu sebanyak 8.049 KK atau sekitar 40 ribu orang akan mendapatkan bantuan dari propinsi sebesar Rp 200 ribu per orang.

Di luar itu terang Mahyeldi, saat ini masih dilakukan verifikasi ulang. Sehingga warga yang berhak bisa mendapatkannya tanpa tumpang tindih. “Kita mengupayakan bagaimana bantuan ini bisa diterima oleh orang yang tepat. Yang sudah dapat bantuan propinsi, tidak dapat lagi bantuan dari Pemko. Kita upayakan merata bagi yang terdampak Covid-19 dan tepat sasaran. Yang dapat bantuan PKH yang hanya Rp 200 ribu per KK, tentu kita carikan pula solusinya,” kata Mahyeldi.

Saat ini ungkap Mahyeldi, pihaknya masih berupaya merampungkan datanya. Sebab, nanti untuk bantuan dari Pemprov dan PKH akan masuk ke rekening masing-masing berupa uang. Sementara bantuan dari Pemko bisa saja dalam berbentuk kebutuhan pokok yang langsung diantarkan pada warga langsung.

Saat ini sebut Mahyeldi, Pemko Padang sudah membooking 3.000 ton beras dari Bulog untuk dibagikan pada masyarakat. Dengan ketersediaan beras yang cukup ini, diharapkan masyarakat yang menerima bantuan uang, bisa membelinya di pasar dengan mudah. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional