Menu

Sebulan, Jumlah Orang Gila Meningkat 3x Lipat

  Dibaca : 162 kali
Sebulan, Jumlah Orang Gila Meningkat 3x Lipat
Afriadi, Kepala Dinas Sosial

KUINI, METRO
Pertumbuhan orang gila (orgil) di Kota Padang makin meningkat tiga kali lipat dari kondisi normal. Data dari Dinas Sosial Kota Padang, dari Januari sampai Februari ini, jumlah orang gila yang dijangkau di Kota Padang mencapai 24 orang.

“Pertumbuhannya tiga kali lipat sekarang. Biasanya, sampai Februari ini baru 7 atau 8 orang. Sekarang sudah 24 orang yang sudah kita bawa ke RS HB Saanin di Gadut,” sebut Kepala Dinas Sosial, Afriadi didampingi Kasi Jaminan Sosial Keluarga, Nurlaili, Selasa (23/2).

Semua orang gila yang diamankan itu dijangkau sedang berada di Padang. Namun dari junlah tersebut tidak diketahui secara pasti berapa orang warga Padang. Karena mereka sulit ditanyai. Namun yang dilaporkan oleh pihak keluarga juga ada.

“Yang diantarkan pihak keluarga juga ada. Yang ngamuk-ngamuk di jalan juga ada,” tandas Nurlaili.

Dari penanganan sementara, ada beberapa masalah yang melatar belakangi penyebab gila. Yakni, karena faktor ekonomi, ditinggalkan keluarga, keturunan dan berbagai persoalan lain.

Dijelaskan, dengan makin meningkatnya jumlah orang gila, Dinas Sosial mempunyai kendala. Saat ini, Dinsos hanya memiliki dana sebesar Rp 60 juta. Sementara orang gila bertambah banyak.

“Ya, kalau dananya tak sampai, kita mungkin bisa ajukan ke perubahan. Nanti tergantung kebijakan pimpinan,” sebut Nurlaili. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional