Menu

Sebelum Sekolah Kembali Dibuka, Pemko Diminta Siapkan Sapras Protokol Kesehatan

  Dibaca : 619 kali
Sebelum Sekolah Kembali Dibuka, Pemko Diminta Siapkan Sapras Protokol Kesehatan
Azwar Siry

SAWAHAN, METRO
Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang, Azwar Siry menyarankan kepada Pemko Padang untuk mempersiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan di sekolah-sekolah sebelum dibuka kembali. Ini dimaksudkan, agar saat proses belajar tatap muka tidak terjadi penyebaran Covid-19.

“Dinas Pendidikan (Disdik) harus surati kepala sekolah untuk penyediaan tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu,” ujar Azwar.

Selain itu terang Azwar, regulasi dalam proses belajar dan mengajar (PBM) juga harus dirancang dengan baik. Jangan sampai sekolah dibuka namun setelah itu peserta didik banyak terpapar Covid-19.

“Kita mencontohkan PBM di sekolah digelar pershift dan lain sebagainya,” tukas Azwar.

Kemudian ungkap Azwar, Disdik Padang diminta menanti edaran pusat dalam pembukaan sekolah. Serta melihat situasi, apakah layak dilakukan PBM seperti biasanya. Jangan Disdik berjalan sendiri tanpa mengkaji apa yang terjadi sesudah ini.

Sebelumnya, usai libur Lebaran 1441 H, proses pembelajaran bagi siswa SD dan SMP di Kota Padang masih tetap memakai sistem home learning (belajar di rumah) mulai 2-13 Juni. Hal ini berdasarkan surat edaran Disdik Kota Padang tentang Agenda Sekolah setelah Libur Lebaran Tahun Pelajaran 2019/2020.

“Selama masa pembelajaran home learning dari 2-13 Juni, guru tetap melakukan pembelajaran dan memberikan tugas kepada siswa melalui daring,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi, Senin (1/6).

Kemudian terang Habibul, pada 15-19 Juni, guru melakukan pengolahan nilai semester genap 2019/2020. Sementara itu, pengumuman kenaikan kelas dan penerimaan rapor semester II pada 20 Juni.

“Kenaikan kelas akan disampaikan melalui daring. Selanjutnya, penerimaan rapor tergantung kondisi tanggap darurat pandemi Covid-19,” ucap mantan kepala BKPSDM Padang ini.

Habibul menambahkan, mulai 22 Juni-11 Juli 2020 merupakan libur semester genap setelah pengumuman kenaikan kelas. Awal semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional