Menu

Sebelum Ikuti PKM PTKIM, Ratusan Peserta se- Sumatera jalani Genosa Test

  Dibaca : 43 kali
Sebelum Ikuti PKM PTKIM, Ratusan Peserta se- Sumatera jalani Genosa Test
MENUNGGU—Peserta Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke II, tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Sumatera, menunggu genosa tes pada Sabtu (5/6).

PADANG, METRO–Peserta Pekan Krea­tivitas Mahasiswa (PKM) ke II, tingkat Perguruan Ting­gi Keagamaan Islam Ne­geri (PTKIN) se Sumatera, melakukan genosa tes pa­da Sabtu (5/6) kemarin.  Sesuai dengan kese­pa­katan sebelumnya, bahwa sebelum lomba luring di­lak­sanakan. Peserta wajib menunjukkan bukti tes ge­nose atau metoda lainnya yang masih berlaku ketika akan memasuki lokasi lom­ba.

Ketua panitia, Nelma­warni, mengatakan, Pe­serta wajib menunjukkan hasil  test genose atau metode lainnya yang ma­sih berlaku sebelum me­masuki lokasi lomba, dan peserta yang tidak menun­jukkan bukti hasil test ne­gatif covid yang berlaku, tidak diperkenalkan me­ngikuti perlombaan.

“Hal ini sudah tertuang pada ketentuan protokol kesehatan (prokes) dijuk­nis PKM II PTKIN se Su­matera,”katanya.

Dimana kegiatan ter­sebut,  dilaksanakan di teras depan gedung Man­sur Dt. Nagari Basa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang.

Selaku penanggung ja­wab genosa tes, koor­di­nator bidang kesehatan panitia PKM II PTKIN se Sumatera , Gusnierawati menjelaskan, genosa tes merupakan alternatif yang digunakan, untuk men­deteksi covid-19 sebelum penyelenggaraan acara PKM di mulai.  “Tes ini dinilai lebih efektif dilak­u­kan untuk mencegah penu­laran Covid-19,”jelasnya.

Gusnierawati me­nu­turkan, penyelenggaraan genosa yest dilakukan UIN IB Padang dan beker­jasa­ma dengan klinik dasta­mara.  “UIN IB hanya pe­nanggung jawab dari Ge­nosa test ini, bukan penye­lenggara,” tuturnya.

Ia mengatakan genosa tes ini merupakan rang­kaian acara pertama da­lam pelaksanaan PKM ke II PTKIN se Sumatera.  “Un­tuk menciptakan rasa a­man dalam penye­leng­garaan kegiatan di tengah pandemi maka peserta harus mengikutinya,” tan­dasnya.

Ia melanjutkan, genosa tes diikuti oleh 500 peserta PKM yang menempuh per­jalanan jalur darat.  “Tes ini wajib bagi peserta jalur darat saja, sedangkan yang melakukan perjalan jalur udara cukup menun­jukkan bukti hasil non reak­tif tes Covid-19,” ucapnya.

Gusnierawati berharap agar pelaksanaan Genosa ini memberikan hasil negatif bagi seluruh pe­serta.  “Semoga seluruh peserta negatif karena jika positif tentu harus dila­kukan isolasi mandiri ter­lebih dahulu,” harapnya.

Salah seorang kon­tin­g­en dari Stain Bengkalis M Rois Mardio mengatakan, ge­nose tes ini lebih aman dilakukan dan tidak ada resiko sama sekali.  “Saya lebih nyaman melakukan genose tes ini karena saya yakin dalam kesadaan se­hat dan prosesnya sangat mudah dilakukan,” tukas­nya. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional