Menu

Sebanyak 77 Anjing Liar Dieliminasi

  Dibaca : 100 kali
Sebanyak 77 Anjing Liar Dieliminasi
ELEMINASI ANJING LIAR— Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto melaksanakan eliminasi terhadap anjing liar yang meresahkan masyarakat Kota Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO
Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto melaksanakan eliminasi anjing liar yang dilaksanakan di Kota Sawahlunto, Jumat (5/3). DKPPP berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait seperti bidang peternakan kesehatan hewan, UPTD Puskeswan, Koramil dan Polsek hingga Sat Pol PP, berhasil mengeliminasi 77 ekor anjng liar.

Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Sawahlunto melalui Kasi Kesehatan Hewan Ade Putra Prantama, Jumat (5/3) mengatakan, mengantisipasi penyebaran virus rabies yang sering ditularkan melalui gigitan anjing liar.

Ade menyebutkan, pelaksanaan eliminasi ini sudah di mulai dari tanggal 1 dan berakhir 4 Maret 2021, dengan menurunkan 20 personil dari beberapa pihak terkait.

“Sasaran eliminasi kita adalah memang anjing liar dan ini memang sudah rutinitas tahunan. Selain itu eliminasi ini juga menjawab keresahan warga terkait banyaknya anjing liar yang berkeliaran dalam kota. Untuk eliminasi dilakukan dengan cara menyuntikkan racun kedalam makanan yang akan di berikan kepada anjing liar tersebut sehingga sebanyak 77 ekor anjing liar yang berhasil dieliminasi telah dikuburkan dalam satu lubang,” kata Ade.

Diharapkan eliminasi yang dilakukan ini juga dapat memutus mata rantai penyebaran virus rabies di Kota Sawahlunto. Apalagi belakanga masyarakat mengeluhkan banyaknya anjing liar berkeliaran, yang dikhawatirkan penyebaran virus rabies.

Terkait kasus gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) kepada manusia, Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Sawahlunto Veri Oktaviandris menjelaskan, tercatat 76 kasus gigitan di tahun 2020 dan menyikapi hal itu kepada yang terkena gigitan HPR tersebut, ada yang di beri vaksin anti rabies. Kemudian ada yang hanya cukup diobati saja karena luka, karena setelah dilakukan ibservasi terhadap hewan HPR itu, ternyata hewan tidak gila. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional