Close

Sebagai Daerah Tujuan Wisata, Forum Dakwah Yasin se-Sumbar Digelar di Pariaman

FORUM DAKWAH— Wako Pariaman H Genius Umar dan Wawako menghadiri Forum Dakwah Yasin se-Sumbar.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan daerahnya mempunyai visi sebagai daerah tujuan wisata. “Karna itulah kita menyambut baik kegiatan yang digelar Forum Dakwah Yasin se Sumatera Barat, yang untuk kali ini, dilaksanakan di Kota Pa­riaman. Kenapa tidak Kota Pariaman ramai dengan kegiatan ini,” kata Genius Umar.

Genius Umar mengucapkan selamat datang kepada ribuan jamaah Forum Dakwah Yasin yang bera­sal dari seluruh daerah di Provinsi Sumatera Barat yang hadir, ini menunjukan bahwa tingginya minat war­ga muslim yang ada di Sumatera Barat, untuk me­laksanakan kegiatan iba­dah, dimanapun diadaka­nya.

Genius menuturkan bah­wa inilah indahnya Minangkabau atau Sumatera Barat ini, dengan filosofinya Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS SBK), karena itu, diri­nya menjadikan visi daerah Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata yang islami, dengan tetap mempertahankan adat dan budaya yang ada.

“Kegiatan ini juga dapat meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di tengah-tengah masyarakat Sumatera Barat, khususnya di Kota Pariaman, dan kami, Pemerintah Daerah, sangat mendukung kegiatan se­perti ini, dan berharap kegiatan seperti ini, dapat diadakan dan dikembangkan lagi di masa yang akan datang,” ujarnya.

Selain itu, Genius juga mengapresiasi digelarnya Forum Dakwah Yasin di salah satu Mesjis yang pa­ling bersejarah dan tertua di Kota Pariaman ini, karena dengan diangkatnya acara tersebut, secara ti­dak langsung telah mendukung program Pemerintah untuk meramaikan Ko­ta Pariaman.

“Semoga dengan berkumpulnya kita di Mesjid Raya Badano untuk bersilaturahmi dengan menempuh perjalanan yang jauh ini, dari tempat asal jemaah masing-masing, nan­tinya akan dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipatganda,” ung­kapnya.

Genius juga menjelaskan bahwa islam di Sumatera Barat itu, pertamanya masuk dari Pariaman, me­lalui Syech Burhanuddin di Ulakan dan panglimanya Syech Katik Sangko yang kuburanya ada di Pulau Angso Duo, karena itu, kami membangun Kota Pariaman ini, dengan berbasis islam.

“Mulai dari Pariwisa­tanya berbasis islam, dan juga kita di Kota Pariaman mempunyai Penyuluh Agama Desa yang kita anggarkan di APBD, belum lagi kegiatan keagamaan yang kita lakukan untuk membentuk masyarakat yang islami di Kota Pariaman ini, serta program unggulan Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana) untuk meng­kuliahkan anak-anak kita yang tidak mampu,” u­jarnya.

Setelah sambutan Wa­ko, Ketua Forum Dakwah Yasin Sumbar, Midarlen memimpin pengalangan dana untuk merehab Mesjid Raya Badano . Sudah menjadi tradisi untuk badoncek di setiap pelaksanaan wirid Forum Dakwah Yasin digalang dana untuk biaya penyelenggaraan kegiatan dan pembangunan mesjid, dimana terkumpul dana lebih kurang Rp. 32 Juta rupiah. Kemudian acara dilanjutkan dengan pe­nyampaian tausyiah dari Ustadz Ilyas Tuanku Bagindo.

Turut hadir Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mah­yuddin dan istri, Ke­tua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Kepala BKPSDM Kota Pariaman, Irmadawani, Ketua Forum Dakwah Yasin Su­matera Barat, Midarlen, Ketua Forum Dakwah Yasin Kota Pa­riaman, Lina Marni dan Ri­buan jemaah Forum Dakwah Yasin yang hadir. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top