Close

SDQu Ar Risalah Wisuda Tahfiz di Kantor Gubernur, Mahyeldi: Terus Maju, Berprestasi dan Berinovasi

Gubernur H. Mahyeldi Ansharullah memberikan sambutan saat wisuda SDQu Ar Risalah.

SUDIRMAN, METRO–Sekolah Dasar Qur’an (SDQu) Perguruan Islam Ar Risalah Padang mewisuda 73 orang siswa-siswi penghafal Al Qur’an, Sabtu (19/6). Agenda Wisuda Tahfiz yang ke-6 tersebut berlangsung di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat, diikuti oleh 73 siswa kelas VI yang merupakan angkatan ke-4 SDQU.

 Para penghafal Al Qur’an yang diwisuda terdiri dari hafiz 7 juz sebanyak 2 orang, 6 juz  sebanyak 4 orang, hafiz 5 juz berjumlah 7 orang, dan 4 juz sebanyak 12 orang. Adapun kategori 3 juz sebanyak 24 orang, hafiz 2 juz 17 orang  dan penghafal 1 juz sebanyak 7 orang.

 Prosesi wisuda tahfiz diawali dengan tes hafalan oleh beberapa undangan dan orang tua yang hadir. Siswa yang tampil diminta menyambung potongan ayat yang dibacakan. Da­lam sesi ini para para wisu­dawan mampu menam­pilkan ha­falan mereka de­ngan baik.

 Momen khidmat dan sangat mengharukan ber­lang­sung saat peng­anuge­rahan mahkota dan peng­hargaan bagi para hafiz-hafizah terbaik, didampingi orang tua mereka. Bagi mereka yang berhasil me­nuntaskan target hafalan dengan capaian terbaik diberikan penghargaan berupa tropi dan tabanas. Kemudian dilanjutkan de­ngan prosesi wisuda dan pembacaan ikrar wisuda yang dipimpin oleh Kepala SDQU Ar Risalah, Ustadz Nurfaizin, S.Pt.

Ketua Yayasan Waqaf Ar Risalah, yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Pimpinan Perguruan Ar Risalah, Ustadz H. Donis Satria, Lc., MA menyam­paikan harapan agar ke­giatan yang diangkatkan mampu memberikan mak­na bagi semua.

 ”Alhamdulillah, kita patut bersyukur diberikan anugerah anak-anak dan peserta didik penghafal Al Qur’an. Maka kita meng­ha­rap­kan Al Qur’an mam­pu memberikan efek akhlakul karimah bagi anak-anak kita. Sebagaimana Allah memuji Rasulullah SAW dengan Al Qur’an. Prosesi ini merupakan apresiasi dari apa yang ananda da­pat­kan, tapi lebih dari itu kita mengharapkan apre­siasi lebih besar dari Allah SWT kelak,” ungkapnya.

 Ustadz Donis juga me­ng­ingatkan kepada para wisudawan untuk terus menambah dan berjuang mempertahankan hafal Al Qur’an. Dalam kesem­pa­tan tersebut Pim­pinan Per­guruan Islam Ar Risalah menyampaikan terima­kasih kepada Dinas Pendi­dikan Kota Padang yang terus mendorong dan mem­bimbing SDQu Ar Ri­sa­lah, sehingga mampu men­capai apa yang dida­patkan hari ini.

 Demikian juga apre­siasi dan ucapan terima­kasih disampaikan kepada penga­was sekolah yang terus memberikan pen­dam­pingan bagi SDQu, komite sekolah, dan semua pihak yang ber­jasa bagi kemajuan SDQu. ­”Ha­ra­pan kita semakin ba­nyak be­nih-benih yang tum­buh, akan menjadi berguna un­tuk masa depan. Semoga apa yang kita bangun agar dijaga oleh Allah SWT,” harapnya.

 Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pa­dang, yang diwakili oleh Kasi Kesiswaan, Mairul Can­dra, S.Pd., dalam sam­bu­tannya menyampaikan apre­siasi kepada para sis­wa-siswi yang diwisuda, juga kepada SD Qur’an dan keluarga besar Yayasan Waqaf Ar Risalah atas terselengga­ra­nya kegia­tan wisuda ini.

 ”Kita ucapkan selamat atas capaian yang diraih oleh ananda para wisu­dawan – wisudawati tahfiz SDQU. Semoga kehadiran ananda para penghafal Al Qur’an semakin mem­beri­kan manfaat bagi kita se­mua,” ungkapnya

 Gubernur Sumatra Ba­rat, H. Mahyeldi Ansha­rullah, SP., dalam sam­butan­nya juga meng­ucap­kan se­lamat kepada siswa SDQu Ar Risalah yang me­ngi­kuti wisuda tahfiz kali ini. Banyak hal yang disam­paikan oleh gubernur da­lam sam­butan­nya. Dia men­­­­dorong Ar Risalah yang notabenenya meru­pakan sekolah swasta un­tuk terus maju, berinovasi dengan prestasi dan tero­bo­san-terobosan baru, me­­man­faatkan potensi sum­ber daya yang di­miliki.

“Tidak dipungkiri kebe­ra­daan sekolah swas­ta mem­berikan kontribusi yang banyak bagi pen­didikan. Hal ini terbukti dengan hadirnya sekolah denggan berbagai prestasi yang mereka miliki. Hal ini disebabkan beberapa fak­tor, antara lain karena se­kolah swasta bebas dan fleksibel dalam melakukan terobosan-terobosan baru, mudah mencari guru-guru dan SDM berkualitas, serta kemampuan finansial yang memadai. Sekolah swasta tidak ada hambatan untuk mendapatkan uang, ter­gan­tung kemauan sekolah dan orang tua,” ujar Buya Mahyeldi.

 Ia menyebutkan perlu ada strategi dan sinergi yang kuat antara sekolah negeri yang dikelola oleh pemerintah dengan seko­lah swasta. Ketika sekolah swasta dengan kemam­puan sumber daya yang mereka miliki, maka se­kolah negeri yang dikelola oleh pemerintah mengam­bil peran mendongkrak dari bawah, merangkul dan memajukan mereka yang memiliki keterbatasan, un­tuk juga bisa bangkit dan maju bersama-sama.

 ”Terima kasih kepada Ar Risalah yang telah me­ng­hadirkan keunggulan-ke­ungg­ulan dalam dunia pendi­dikan. Tantangan ba­gi Ar Risalah adalah ba­gaimana mampu mengha­dir­kan kuali­tas dan kom­petensi-kom­pe­tensi ter­sebut.

 Mahyeldi mendorong para peserta wisuda untuk terus memaksimalkan ke­mam­puan menghafal Al Qur’an. Karena mereka yang terbiasa menghafal Al Qur’an akan memiliki pikiran yang cerah dan jernih. Disamping akan mendapatkan mahkota ke­muliaan di hari akhir kelak.

 Lebih lanjut Gubernur berpesan agar para siswa dipersiapkan dan mem­persiapkan diri menjadi pemimpin bangsa ke de­pan­nya. Karena yang akan menjadi pemimpin dan pe­ja­bat di masa men­datang barangkali adalah mereka yang diwisuda hari ini.

 Kepala SDQU Ar Risa­lah, Nurfaizin, S.Pt., me­ngaku bersyukur kegiatan berjalan lancar. Ia menye­butkan hal tersebut tidak lepas dari peran dan do­rongan berbagai pihak, te­rutama para guru dan orang tua yang tak kenal lelah mendorong anak-anak untuk bisa mencapai target hafalan Al Qur’an.

 ”Teristimewa tentunya selamat kepada ananda yang wisuda tahfiz hari ini, dan juga akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Semoga terus istiqo­mah bersama Al Qur’an dan melanjutkan hafalan­nya hingga tuntas 30 juz, serta mengamalkannya. Mudah-mudahan ananda menjadi generasi qur’ani penuh berkah yang tengah dinantikan,” harapnya.

 Kegiata wisuda tahfiz sekaligus pelepasan ang­katan ke IV SDQU Ar Ri­salah berlangsung dengan baik dan tertib, dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Hadir dalam kegiatan tersebut Guber­nur Sumatera Barata, H. Mahyeldi Ansharullah, SP., Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, diwakili oleh Kasi Kesiswaan, Mairul Candra, S.Pd., Pengawas PAI Kecamatan Koto Ta­ngah, Murniari, S.Pd.I., Ketua Korwil Pendidikan Kecamatan Koto Tangah, Tuti Sri Juita, S.Pd., Penga­was Wilayah IV Koto Ta­ngah, Warisni, S.Pd., Pim­pinan Perguruan Islam Ar Risalah, H. Donis Satria, Lc., MA., mewakili Ketua Umum Yayasan, Benda­hara Yayasan Waqaf Ar Risalah, Mira Desvita, SE.,­Akt., serta unsur pimpinan lainnya. (rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top