Close

SDN 01 Pulau Punjung  Gelar Lomba Kreatifitas Ruangan Kelas

DHARMASRAYA, METRO – Sekolah Dasar Negeri  (SDN) 01 Pulau Punjung, Dharmasraya gelar lomba kreatifitas ruangan kelas, tak tanggung-tanggung Tim penilai didatangkan langsung dari pihak Dinas Pendidikan Pemkab setempat, Rabu (20/3). Lomba tersebut diikuti oleh semua kelas, mulai dari kelas I, hingga kelas VI. Masing- masing kelas mendesain ruang belajar dengan tampilan “kece”.

Kepala SDN 01, Rasmawati mengatakan, ruang kelas merupakan tempat yang paling sering dikunjungi oleh para siswa. Agar kelas tempat belajar tidak membosankan, maka didesain seindah mungkin. Desain ruang belajar siserahkan kepada walikelas masing- masing dengan melibatkan wali murid.

“Mereka bebas berkreasi untuk mempercantik ruang belajar,” ungkap Rasmawati saat mendampingi tim penilai.

Katanya, agar kegiatan belajar di kelas terasa menyenangkan dan anak- anak betah serta nyaman di kelas. Ruang kelas memang harus didesain dengan tampilan yang sangat menarik dengan mengutamakan Visibility (Keleluasaan Pandangan-red), Accesibility ( mudah dicapai-red) dan Fleksibilitas ( Keluwesan -red) .

Visibility artinya penempatan dan penataan barang-barang di dalam kelas tidak mengganggu pandangan siswa, sehingga siswa secara leluasa dapat memandang guru, benda atau kegiatan yang sedang berlangsung. Begitu pula guru dapat memandang semua siswa saat kegiatan pembelajaran. Kemudian Accesibility adalah penataan ruang dapat memudahkan siswa untuk meraih atau mengambil barang-barang yang dibutuhkan selama proses pembelajaran. Selain itu jarak antar tempat duduk  cukup untuk dilalui oleh siswa,  sehingga siswa dapat bergerak dengan mudah dan tidak mengganggu siswa lain yang sedang bekerja.

Selanjutnya, Fleksibilitas adalah barang-barang di dalam kelas mudah ditata dan dipindahkan atau disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran. Seperti penataan tempat duduk yang perlu dirubah jika proses pembelajaran menggunakan metode diskusi, dan kerja kelompok.

“Kita tidak hanya mengutaman keindahan kelas. Kita juga membangun serta menyadarkan siswa pada pentingnya kebersihan lingkungan,” pungkasnya.

Sementara itu tim penilai, Lasdi mengatakan, yang dinilai tidak hanya  keindahan ruang belajar. Kerapian, kebersihan dan karakter siswa juga masuk dalam aspek penilaian.

“Prinsip keindahan berkenaan dengan usaha guru menata ruang kelas yang menyenangkan dan kondusif bagi kegiatan belajar” katanya. Tim penilai sangat meapresiasi program kreatifitas SDN 01 Pulau Punjung.

“Ruangan kelas yang indah dan menyenangkan dapat berengaruh positif pada sikap dan tingkah laku siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan,” pungkasnya. (g)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top