Close

SD Surya Kids Gelar Festival Seni Budaya Islam

MERIAHKAN— Dalam memperingati dan memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, SD Surya Kids Bukittinggi menggelar kegiatan Festival Seni Budaya Islam.

BUKITTINGGI, METRO–Dalam memperingati dan memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, SD Surya Kids Bukittinggi menggelar kegiatan festival seni budaya islam, dengan peserta murid TK-SD Surya Kids se-Kota Bukittinggi. Festival dengan mengangkat tema “Teladani Akhlak Nabi,” berlangsung selama dua hari di halaman seko­lah setempat, Senin-Selasa (18-19/10).

Kegiatan pembukaan festival turut dihadiri Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan Kota Bukittinggi, M Aswir, Ketua Yayasan Muhammad Sawir Suryanti (MS2), Muhammad Sawir selaku pengelola Surya Kids School, Direktur Surya Kids Suryanti, dan Pembina Yayasan Ibnu Khaldun Bukittinggi, Syarwan Djas.

Panitia Pelaksana Festival Ikmalia mengatakan, kegiatan festival diikuti murid TK, TPQ dan SD Surya Kids se-Bukittinggi. Dalam festival peserta mengikuti sejumlah cabang lomba yang dibagi menjadi tingkatan, yakni tingkat SD dan tingkat TK.

Adapun cabang lomba untuk tingkat SD yakni MTQ Hafalan, Cerdas Cermat 3 In 1 (Agama, Budaya dan Umum), Adzan, Bintang Kasidah, dan Kaligrafi. Sedangkan cabang lomba tingkat TK yakni Mewarnai Kaligrafi, Penampilan Bakat dan Percakapan, serta Bahasa, (Bahasa Indonesia, Arab dan Inggris).

“Alhamdulillah, penyelenggaraan festival seni budaya islam SD Surya Kids Bukittinggi berlangsung dengan semarak dari awal sampai akhir. Untuk pemenang lomba festival kita umumkan di akhir kegiatan,” kata Ikmalia.

Menurutnya, kegiatan festival bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat yang dimiliki anak. Selain itu, juga menjadi momentum bagi anak untuk meningkatkan kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW, yang menjadi panutan bagi semua umat muslim.

“Kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dari Yayasan dan sponsor yang telah berpartisipasi dalam kegiatan festival seni budaya islam SD Surya Kids. Semoga momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, dapat meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap Na­bi Muhammad SAW, sehingga kedepan akan lahir generasi intelektual yang beriman dan berakhlak mulia,” ujar Ikmalia.

Ketua Yayasan Mu­ham­­mad Sawir Suryanti (MS2) Muhammad Sawir menyampaikan, apresiasi dan terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah mengangkat kegiatan festival dalam rangka mem­­peringati dan memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW. Begitu juga ke­pada majelis guru, pihak ya­yasan, dan donatur yang­ ikut mendukung dan mensukseskan kegiatan ini.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan festival tersebut, selain dapat me­nge­dukasi peserta didik terhadap berbagai ajaran, perilaku dan akhlak Nabi Muhammad SAW yang mesti diteladani oleh sis­wa, juga diharapkan bisa me­lahirkan anak-anak yang­ qurani.

“Kami atas nama pihak yayasan juga mengucapkan terima kepada dua orang anggota DPRD Bukittinggi, yakni Yontrimansyah dan Syaiful Efendi yang telah memberikan bantuan dana pokir 2021 untuk kelanjutan pembangunan SD Surya Kids. Alhamdulillah masing masing anggota dewan tersebut memberikan bantuan pokir sebesar Rp 50 Juta,” ujar Sawir.

Pembina Yayasan Ibnu Khaldun Bukittinggi, Syar­wan Djas, mengucapkan selamat kepada SD Surya Kids Bukittinggi, yang tahun ini adalah tahun keempat sekolah ini berdiri.

Dalam kurun waktu em­pat tahun SD Surya Kids suk­ses melaksanakan pro­ses kegiatan belajar dan mengajar, dengan motto “SD Surya Kids, Sikolah jo Mangaji”.

“Saat ini pendidikan Surya Kids School meliputi jenjang TK dan SD. Dari survey lapangan yang dilakukan, tamatan TK Surya Kids yang diterima di berbagai SD pada umumnya cepat beradaptasi, dan guru-guru SD juga sangat mudah mengajar anak ta­ma­tan TK Surya Kids. Ke­un­ggulan ini yang harus kita pertahankan dan kita kembangkan di Surya Kids. Kepada semua peserta didik, kita semua mengajak untuk dapat meneladani akhlak nabi dalam Tausiyah Maulid Nabi,” ucap Syar­wan Djas.

Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan, M Aswir, memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya festival seni budaya islam SD Surya Kids. Apalagi salah satu cabang lombanya yakni Bintang Kasidah sudah lama tidak diadakan. Ia juga mendorong pihak sekolah agar selanjutnya membuat kegiatan yang sama untuk perlombaan tingkat SD se-Kota Bukittinggi. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top